Ducati Hanya Kontrak Stoner untuk Pengujian

Keinginan fans MotoGP untuk kembali melihat aksi Casey Stoner di lintasan balap nampaknya tidak akan tercapai. Pasalnya, Stoner hanya dikontrak Ducati guna melakoni serangkaian tes motor, bukan sebagai rider ataupun pembalap pengganti.

ducati-hanya-kontrak-stoner-untuk-pengujian

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti angkat suara mengapa Casey Stoner tidak tampil di seri balap resmi MotoGP 2016. Ia mengaku pembalap Australia memang dikontrak hanya untuk mengikuti pengujian bersama pabrikan Italia.

Stoner sendiri telah bergabung bersama Ducati sebagai pembalap penguji sejak awal musim ini. Mantan juara dunia kelas utama dua kali tersebut sudah mengikuti tiga kali pengujian musim ini. Pertama di Malaysia di pengujian pra-musim, lalu yang kedua di pengujian Austria.

Setelah melakoni tiga kali pengujian, muncul wacana jika Stoner ditawari tampil sebagai pembalap wildcard di Austria. Menanggapi hal tersebut, Ciabatti menegaskan tidak ada kesepakatan tersebut sejak awal mengontraknya.

“Tidak ada strategi marketing dalam hal tersebut. Saat bernegosiasi dengannya, kontrak hanya memintanya tampil di tiga kali pengujian, tidak memberinya kesempatan di Grand Prix,” ujar Ciabatti, seperti dilansir dari laman Motorsport, Jumat (4/11).

“Apa yang terjadi adalah, ketika melihatnya berada di atas motor dan menyadari betapa cepatnya dia, anda seperti bermimpi dia mau kembali untuk balapan. Tapi pada akhirnya, dia tidak setuju tampil di Austria sehingga dia tidak akan tampil lagi,” imbuhnya.

Sebelumnya, nama Casey Stoner sempat muncul ke permukaan untuk turun di GP San Marino, saat rider kedua Ducati, Andera Iannone mengalami cedera. Namun saat itu Ducati justru memanggil Hector Barbera sebagai pengganti Iannone.

Sebagai informasi, Casey Stoner sudah mengundurkan diri dari lintasan balap MotoGP pada tahun 2012 silam. Relasi antara Casey Stoner dan Ducati memang cukup baik. Stoner sendiri merupakan orang terakhir yang mampu mempersembahkan gelar juara dunia kepada tim asal Italia tersebut. Stoner sendiri juga sangat mengerti betul karakter motor Desmosedici, sehingga Ducati mengontraknya sebagai pembalap penguji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *