Dramatis, Andrea Dovizioso Kalahkan Marc Marquez di Seri Pembuka MotoGP 2018

Andrea Dovizioso memenangi MotoGP Qatar lewat duel sengit dengan Marc Marquez hingga lap terakhir. Kemenangan pada seri pembuka di Sirkuit Losail merupakan kemenangan ketiga secara head to head Dovi atas Marquez di lintasan MotoGP.

dramatis-andrea-dovizioso-kalahkan-marc-marquez-di-seri-pembuka-motogp-2018

Seri balapan pembuka MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3) langsung menyuguhkan drama.

Johann Zarco yang memulai balapan dari posisi terdepan langsung tancap gas memimpin jalannya lomba. Dibelakang Zarco, ada Marc Marquez, Valention Rossi dan Danilo Petrucci yang membuntuti peraih gelar Rookie of The Year 2017 tersebut. Sedangkan Dovizioso justru terlempar dari posisi lima besar di awal-awal lomba.

Zarco seolah ingin mengulangi capaian fenomenal musim lalu. Lap demi lap, pembalap muda asal Perancis itu terus menempati posisi terdepan. Dibelakang Zarco, duel sengit antara Marquez, Rossi dan Petrucci juga terjadi. Memasuki Lap 11, Rossi melebar yang membuat ia kehilangan posisi kedua.

Melebarnya Rossi dimanfaatkan oleh Marquez yang menguntit Zarco dari posisi kedua. Kejar-kejaran antara Zarco dan Marquez pun terjadi hingga memasuki 10 lap terakhir. Sementara itu, Dovizioso masih tertinggal dari rombongan depan dan belum menunjukkan tanda-tanda mampu bersaing dengan pembalap-pembalap di depannya.

Namun Dovi bukanlah pembalap sembarangan. Status runner-up dunia 2018 adalah buktinya. Di Sembilan putaran jelang finis, paket Andrea Dovizioso dan Ducati Desmosedici GP18 menunjukkan kelasnya. Satu per satu pembalap berhasil dilewati Dovi. Mulai dari Rossi yang berada di posisi ketiga, sampai akhirnya Marquez di posisi kedua.

Lima lap terakhir, DesmoDovi semakin menggila. Puncak pimpinan lomba berhasil ia rebut dari Zarco. Tak mau kalah, Marquez pun melakukan manuver menyalip Zarco. Sinyal bakal terjadi duel head to head antara Dovi dan Marquez pun mulai terlihat.

Dan, ya, lap terakhir MotoGP Qatar menjadi saksi duel panas Andrea Dovizioso versus Marc Marquez. Seperti ingin membuka kembali ingatan musim lalu, Dovi dan Marquez terlibat duel dalam pertarungan sengit memperebutkan podium tertinggi Losail.

Marquez dengan gaya agresifnya terus menekan Dovi, yang seperti biasa selalu tampil tenang dan penuh perhitungan. Tampil konsisten hingga mendekati garis finis, Dovi mampu menyudahi perlawanan Marquez. Dovi menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis, dengan hanya berselisih 0,027 detik saja dengan Marquez.

Kemenangan di Losail 2018 merupakan kemenangan ketiga Dovi secara langsung atas Marc Marquez. Sebelumnya, pembalap asal Italia itu mampu mengasapi Marquez pada edisi MotoGP Austria dan Motegi tahun lalu. Kemenangan di Qatar juga merupakan kemenangan ke-8 Dovi di kelas tertinggi.

Dengan kemenangan yang diklaim Dovizioso, maka Marquez harus puas menerima hasil raihan finis kedua. Valentino Rossi melengkapi tiga besar dengan menempati podium ke-3. Hasil ini terbilang bagus, mengingat The Doctor memulai lomba dari posisi kedelapan.

Hasil MotoGP Qatar, Minggu (18/3):

Sumber: Google
Sumber: Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *