Dovi Paling Konsisten di MotoGP

Andrea Dovizioso berhasil mempersembahkan kemenangan perdana bagi tim Ducati saat berlaga di GP Malaysia pekan lalu. Kemenangan Dovizioso di Sepang, Malaysia, merupakan kemenangan pertamanya bersama Ducati. Tak hanya sukses memberikan kemenangan seri perdana bagi Ducati, Dovi juga sukses mencatatkan rekor sebagai salah satu pembalap paling konsisten di MotoGP, mengungguli trio pembalap favorit, yakni Valentino Rossi, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

dovi-paling-konsisten-di-motogp

Di Sepang, Dovi mencatatkan waktu tempuh 19 putaran selama 42 menit, 27.333 detik yang membuatnya menduduki podium pertama GP Malaysia. Pembalap asal Italia itu unggul unggul 3,1 detik dari Rossi (Movistar Yamaha) dan 11,9 detik dari Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha).

Kemenangan di Sepang merupakan kemenangan kedua Dovizioso sepanjang karirnya di kelas premier. Terakhir kali Dovi jadi juara seri adalah di Sirkuit Donnington Park, Inggris pada tahun 2009. Kala itu, Dovi masih membela tim Repsol Honda.

Catatan lain yang sangat mengesankan selain kemenangan Dovizioso di Malaysia adalah catatan balapan tanpa henti sebanyak 257 seri berturut-turut. Selama 16 tahun atau sejak memulai debutnya pada 2001, Dovi tidak pernah melewatkan balapan di semua kelas baik karena cedera atau kendala lainnya.

Rekor itu jauh melewati capaian Rossi yang cuma mampu balapan tanpa henti selama 15 tahun. Pertama kalinya The Doctor mesti menepi dari trek terjadi pada tahun 2010 karena mengalami cedera patah kaki saat balapan di Mugello, Italia.

Ada pun Lorenzo pertama kali absen balapan di musim 2008 karena terjatuh di sesi latihan Grand Prix Catalunya. Hanya tujuh tahun pembalap Spanyol bertahan bisa terus start sebelum akhirnya absen balapan.

Terakhir, Dovizioso mampu melewati konsistensi Marc Marquez yang langsung absen di musim perdananya, yakni melewatkan Grand Prix Spanyol di kelas 125cc tahun 2008.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *