Dovi Belum Yakin Lorenzo Bisa Jinakkan Desmosedici GP17

Debut resmi Jorge Lorenzo bersama Ducati tinggal menghitung hari. Usai seri penutup MotoGP 2016 di Valencia akhir pekan lalu, Lorenzo diadwalkan akan melakoni tes post-race di sirkuit yang sama, 15-16 November minggu ini.

dovi-belum-yakin-lorenzo-bisa-jinakkan-desmosedici-gp17

Kedatangan Lorenzo ke tim Ducati tak hanya disambut oleh seluruh kru tim balap yang berbasis di Italia tersebut. Calon rekan Lorenzo di Ducati, Andrea Dovizioso pun antusias menyambut tendem barunya untuk MotoGP musim 2017 tersebut. Namun tak hanya memberi sambutan saja, Dovi tak lupa memberikan wanti-wanti kepada Lorenzo bahwa tidak mudah untuk menaklukkan Desmosedici GP17 yang akan menjadi motor Lorenzo untuk MotoGP 2017.

Seperti diketahui, Lorenzo bakal menunggangi motor Ducati saat mengikuti pengujian resmi MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa dan Rabu waktu setempat nanti. Ia dapat izin Yamaha untuk menjajal Desmosedici di Valencia, sementara untuk pengujian pribadi Ducati di Jerez tidak diperkenankan mengikutinya.

Minimnya kesempatan menjajal Ducati memang sempat dikeluhkan Lorenzo. Sebab bukan rahasia lagi, karakter motor barunya nanti amat berbeda dengan Yamaha YZR-M1 yang menjadi andalan tim Garpu Tala di kelas premier MotoGP.

Dovi berpendapat bahwa Lorenzo harus beradaptasi dengan karakter Desmosedici GP17 yang dikenal sangat liar. Apalagi, sepanjang karirnya di MotoGP kelas utama, X-Fuera belum pernah mengendarai motor Eropa.

“Ini pertanyaan yang sulit sebab Jorge punya gaya balap yang beda. Ini sangat penting bagaimana kami membangun proyek nanti,” ucap Dovi perihal adaptasi Lorenzo dengan GP17, seperti dilansir dari laman Crash.

Selama ini, Lorenzo dikenal sebagai rider MotoGP yang memiliki handling sempurna. Oleh keran itulah Lorenzo merupakan pembalap yang sangat pas untuk YZR-M1 yang memiliki karakter galak di tikungan. Hal ini berbeda dengan motor Ducati yang memiliki keunggulan di bagian power, bukan tikungan.

“Saya percaya dia akan meminta banyak hal. Ini adalah salah satu hal terbesar yang bakal diminta. Dalam dua hari nanti, kita akan tahu bagaimana perasaannya dan semua pekerjaan baru bisa dimulai,” tegas Dovi.

Sebelumnya, mantan rekan Dovi, Andrea Iannone yang pada MotoGP musim ini membela Ducati juga berpendapat bahwa Lorenzo harus mengubah gaya membalapnya jika ingin sukses bersama Ducati.

Meski memberikan wejangan kepada Lorenzo, Dovi tetap memberikan sambutan hangat untuk kedatangan Lorenzo ke tim Ducati.

“Seperti yang saya selalu katakan, saya sangat senang dengan perubahan line up ini. Bisa memiliki juara dunia di tim kami adalah hal terpenting sebab kami sudah punya motor yang bagus. Ini merupakan tantangan yang bagus bagi saya sebab bisa bertarung bersama seorang juara seperti Jorge,” pungkas Dovi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *