Diwarnai Banyak Crash, Vinales Rajai MotoGP Argentina

Maverick Vinales juarai MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (10/4) dini hari WIB. Kemenangan Vinales di GP Argentina merupakan kemenangan kedua secara beruntun pembalap Yamaha tersebut.

diwarnai-banyak-crash-vinales-rajai-motogp-argentinaBerbekal kemenangan pada seri pembuka di Qatar pekan lalu, Maverick Vinales melanjutkan tren positifnya di dua seri awal MotoGP 2017. Sejak latihan bebas hingga babak kualifikasi, Vinales tampil sangat baik. Meski harus start dari grid ke-4, namun hal tersebut tak menghalangi Vinales untuk mencetak kemenangan keduanya di MotoGP musim 2017.

Kemenangan di Argentina membuat Vinales menyamai rekor Kenny Roberts Jr. bersama Suzuki yang meraih dua kemenangan pada dua balapan pertama. Vinales juga menjadi pembalap pertama Yamaha setelah Wayne Rainey yang melakukan hal serupa pada tahun 1990.

“Itu adalah balapan yang sulit. Saya merasa cukup baik, tapi Marc menekan begitu keras. Saya melihat dia terjatuh dan saya berpikir untuk meraih kemenangan. Sangat penting untuk meraih poin maksimal hari ini. Motor terasa luar biasa. Terima kasih kepada tim yang telah melakukan pekerjaan hebat,” ujar Vinales usai balapan, seperti dikutip dari laman Motorsport.com.

Seri kedua MotoGP Argentina ini sendiri diwarnai sejumlah kecelakaan yang melibatkan para pembalap top. Selain Marquez, rekan setim Dani Pedrosa juga tidak finis karena terjatuh di Tikungan 2 pada Lap 14.

Jorge Lorenzo juga tidak finis, setelah terjatuh pada lap pembuka. Dalam tayangan ulang video terlihat, bahwa ia mengenai bagian belakang motor Andrea Iannone. Belakangan, pembalap Suzuki ini dikenai ride-through penalty karena melakukan jump start.

Nasib yang dialami Lorenzo, rupanya juga dialami Andrea Dovizioso. Ketika bertarung memperebutkan posisi keenam, pembalap Ducati itu disenggol oleh Aleix Espargaro dan terjatuh di Tikungan 5 pada Lap 15.

Dan pembalap lainnya yang tidak finis adalah Sam Lowes, karena mengalami masalah girboks, lalu rookie Alex Rins yang terjatuh di Tikungan 13 pada Lap 8. Pembalap Suzuki ini sebenarnya sempat melanjutkan balapan, tapi akhirnya memutuskan untuk berhenti.

Jalannya Lomba

Juara bertahan Marc Marquez mengawali MotoGP Argentina dari pole position. Start dari posisi terdepan, pembalap Repsol Honda itu langsung melesat ke depan untuk menempati posisi pertama. Cal Crutchlow di posisi kedua, di depan Vinales dan Valentino Rossi.

Masuk Lap 2, Marquez mulai membuat jarak dari tiga pembalap yang berada di belakangnya. Ia bahkan telah unggul 1,458 detik atas Crutchlow. Keunggulan itu bertambah menjadi 2,011 detik pada Lap 3. Pada saat ini, Vinales naik ke posisi kedua setelah menyalip Crutchlow.

Namun drama terjadi setelah lomba berlangsung tiga putaran. Pada Tikungan 2, Marquez membuat kesalahan dan ia terjatuh saat memimpin balapan pada Lap 4. Pembalap Repsol Honda itupun harus menerima kenyataan pahit tidak finis di Termas de Rio Hondo.

Jatuhnya Marquez tak pelak membuat pimpinan balapan diambil alih Vinales. Ia tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, dan mulai mencoba menjauh dari kejaran Crutchlow dan Rossi. Pada Lap 10, Vinales telah unggul 1,318 detik. Dominasi Vinales terus terjadi sepanjang balapan. Race pace sang pembalap begitu kencang dan konsisten. Ia akhirnya berhasil finis lebih dulu, dan meraih kemenangan kedua secara beruntun pada musim 2017.

vinales-rajai-motogp-argentina

Sementara itu, Valentino Rossi menempati podium kedua disusul Cal Crutchlow. Pada GP Argentina, Rossi mencatatkan rekor start Grand Prix ke-350 sepanjang kariernya. Di belakang Rossi dan Crutchlow, ada pembalap Aspar Ducati, Alvaro Bautista yang berhasil finis di posisi ke-4. Duo Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger, tampil impresif dengan keberhasilan finis kelima dan keenam. Begitu pula dengan duo Pramac Racing, Danilo Petrucci dan Scott Redding, yang finis ketujuh dan kedelapan. Lalu, Jack Miller finis kesembilan dan Karel Abraham melengkapi 10 besar.

Sementara itu, KTM akhirnya berhasil memenuhi target untuk mencetak poin di balapan MotoGP. Pabrikan Austria itu membawa pulang tiga poin dari Pol Espargaro yang finis ke-14, dan rekan setim Bradley Smith di posisi ke-15.

Selanjutnya, seri ketiga MotoGP akan digelar di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat pada 23 April 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *