Dani Pedrosa Rajai GP Misano, Rossi Puas Kedua

Dani Pedrosa Tampil Gemilang di Misano – Diluar dugaan, Dani Pedrosa tampil sebagai yang tercepat di GP San Marino, Minggu (11/9). Pembalap Repsol Honda itu berhasil menempati podium pertama, mengungguli Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang harus puas berada di podium ke-2 dan ke-3.

dani-pedrosa-tampil-gemilang-di-misano

Kemenangan Dani Pedrosa di Sirkuit Marco Simoncelli Misano, San Marino memang diluar prediksi. Sejak sesi latihan bebas hari pertama hingga sesi kualifikasi, rider asal Spanyol itu memang tampil tidak terlalu meyakinkan. Bahkan, The Little Spaniard harus memulai race dari posisi ke-8. Sementara pole position ditempati oleh Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha), diikuti Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan rekan setim Pedrosa di Repsol Honda, yakni Marc Marquez.

Keputusan Pedrosa untuk menggunakan ban tipe soft nampaknya berbuah keberuntungan. Ya, di Sirkuit Misano yang memiliki cukup banyak tikungan sepertinya sesuai dengan gaya balap Pedrosa sehingga perjudian pilihan ban yang dilakukannya benar-benar tepat.

Pedrosa sendiri tidak langsung tune-in ketika memulai balapan. Selepas start, ia perlahan mampu menyodok ke dalam rombongan lima besar. Pada lap-lap awal, Valentino Rossi yang tampil di kandang sendiri tampil dominan dengan mengambil alih pimpinan lomba dari Jorge Lorenzo. Hingga lap ke-15, Rossi masih menjadi yang terdepan, diikuti Lorenzo, Marc Marquez, dan Pedrosa di tempat ke-4. Ketika lap tersisa 10 putaran lagi, pebalap bernomor 26 itu tampil “menggila”.

Berturut-turut Pedrosa mampu menyalip Marquez, Lorenzo, hingga akhirnya manuver briliannya di lap 9 mampu melewati Rossi. Usai menyalip Rossi, Pedrosa sudah tak tertahankan lagi hingga akhirnya mencatatkan dirinya sebagai yang tercepat di seri MotoGP ke-13 di Sirkuit Marco Simoncelli Misano, San Marino. Pedrosa mencatatkan waktu 43:43,524, lalu disusul oleh Valentino Rossi di podium ke-2 dengan gap +2,837, lalu Jorge Lorenzo di tempat ke-3 dengan jarak waktu +4,359.

Selain mampu mempersembahkan kemenangn pertamanya di MotoGP musim 2016 ini, Dani Pedrosa juga mencatatkan sebuah rekor yakni menjadi pembalap ke-8 yang mampu memenangi sebuah seri pada musim ini. Catatan delapan pembalap berbeda yang mampu menang di masing-masing seri ini juga menjadi rekor tersendiri di ajang MotoGP. Dengan hasil di Misano ini, Marc Marquez masih memimpin klasemen semenatara MotoGP 2016 dengan 223 poin, sementara Rossi berada di peringkat 2 dengan 180 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *