Bos Ducati Bicara Tentang Peluang Lorenzo, Winglet dan Favorit Juara

Pekan lalu, sebagian staf tim Yamaha Factory Racing disibukkan dengan agenda pembukaan museum Jorge Lorenzo di Andorra. Tak hanya staf Yamaha saja, pembukaan museum Lorenzo juga dihadiri oleh petinggi tim Ducati yang merupakan tim baru X-Fuera.

bos-ducati-bicara-tentang-peluang-lorenzo-winglet-dan-favorit-juara

Salah satu petinggi tim Ducati Corse, Paolo Ciabatti, tutur hadir dalam persemian museum yang merekam semua prestasi Jorge Lorenzo selama berkarir di dunia balap MotoGP. Di sela-sela pembukaan museum Lorenzo, Ciabatti menyempatkan diri berbicara mengenai peluang Lorenzo musim depan serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi Ducati selama persiapan jelang musim baru MotoGP, termasuk siapa pembalap yang menjadi favorit juara dunia. Berikut petikan wawancara Ciabatti dengan GPOne, seperti dilansir dari laman Sports Sindonews.

Halo, Paolo!

Halo juga, senang bertemu Anda.

Langsung saja, Jorge Lorenzo sepertinya cukup diperhitungkan musim depan?

“Sekarang, dia akan menikmati liburan yang memang layak didapatkan, dan kemudian kami akan kembali bekerja (pada akhir Januari 2017). Itu tahun yang sangat penting baginya. Dia memiliki motivasi hebat, tetapi di atas semuanya, adalah keinginan untuk membawa gelar juara dunia kembali ke Borgo Paginale, yang mana pernah dimenangkan oleh (Casey Stoner). Itu bakal penting buat Ducati, karenanya kami akan berusaha untuk meningkatkan diri, dan memberi Lorenzo serta Dovizioso motor kompetitif.”

Tes pra-musim pertama di Sepang awal tahun depan apakah akan ada sesuatu yang baru dari motor Ducati (Desmosedici GP17)?

“Mesin, merupakan titik terkuat dari motor kami. Saya mengharapkan Ducati meningkatkan aerodinamika sasis, dan lebih memudahkan pembalap saat memasuki berbagai jenis tikungan. Baik Lorenzo maupun Dovizioso, sama-sama mengatakan bahwa motor ini menuntut banyak kekuatan fisik pembalap.”

Setelah larangan penggunaan winglets, kini pertanyaannya soal aerodinamika. Bagaimana penyesuaian Ducati, apakah akan ada teknologi baru yang akan diperkenalkan?

“Di Borgo Paginale, kami memiliki sebuah divisi kecil, yang merancang winglets di masa lalu. Mereka telah menemukan solusi inovatif, yang mana seluruh tim kemudian mengadopsinya. Melalui pendekatan metodis dan ilmiah, tim itu sudah bekerja keras, dan kami menatap optimistis. Seperti kita ketahui, perubahan pada mesin dibatasi, dan kami hanya diperkenankan membuat dua perubahan fairing setiap tahun.”

jorge-lorenzo-ducati

Tiga seri awal MotoGP 2017 di Qatar, Argentina dan Austin. Bagaimana peluang Ducati? Apakah akan ada hasil yang bagus pada salah satu seri di awal musim?

“Kita telah mengetahui, kami memiliki kecepatan di ketiga sirkuit tersebut, dan kompetitif di masa lalu. Mungkin balapan di Losail, yang pertama pada kalender, akan menjadi tempat ideal untuk mencapai hasil besar, seperti sebuah kemenangan. Jelas, rival kami juga akan ada di sana. Marc Marquez dan Honda adalah favorit juara, mereka juga selalu menang di Austin. Sedang Yamaha sangat kuat dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales.”

Belakangan ada banyak pembicaraan mengenai mentor Lorenzo di Ducati. Apakah Anda yakin Casey Stoner mampu mengemban tugas tersebut?

“Saya tidak berpikir begitu. Namun, kami berpikir bagaimana cara menemukan peran untuknya (Stoner) dalam tim. Karena Casey, memiliki peran fundamental dalam proses tumbuh motor kami selama tes. Kami pasti akan melihat dia di tes Sepang pada akhir Januari, dia akan mengembangkan motor, seperti yang dia lakukan pada musim lalu.”

Terakhir soal ban. Apakah ban Michelin merupakan salah satu masalah yang harus segera diatasi?

“Sudah jelas bahwa, ada beberapa kesulitan dengan ban musim ini. Tapi, mereka (Michelin) telah mengambil beberapa langkah maju yang besar, dan sekarang bannya lebih stabil. Oleh karena itu, saya akan berharap mendapat keyakinan, langsung dari tes pramusim pertama 2017.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *