Yamaha Scorpio, Makin Asyik dengan Konsep Klasik

Konsep Modifikasi Bertema Retro Klasik Paling Pas untuk Yamaha Scorpio – Yamaha Scorpio dikenal sebagai salah satu motor bermesin ‘besar’ dengan power dan torsi yang cukup tinggi. Banyak kalangan yang memilih Scorpio sebagai tunggangan harian karena kuda besi lansiran Yamaha itu sangat cocok untuk semua medan. Tak hanya multifungsi sebagai kendaraan operasional harian, saat ini tak sedikit pembesut Yamaha Scorpio yang mulai memperhatikan penampilan motor kesayangannya itu. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya aliran modifikasi yang mengusung Scorpio sebagai basis dasarnya. Lantas, konsep modifikasi apakah yang paling cocok untuk motor bermesin 225cc tersebut?

konsep-modifikasi-bertema-retro-klasik-paling-pas-untuk-yamaha-scorpio

Pada dasarnya, Yamaha Scorpio memang cocok untuk dimodifikasi dengan berbagai aliran. Hal ini karena motor tersebut dibekali dengan sasis yang kokoh serta dimensi body yang cukup bongsor. Namun belakangan, para builder sedang menggandrungi konsep retro klasik untuk diterapkan pada Yamaha Scorpio.

Menurut salah satu modifikator dari Street Arts Customs, Arie Indra Perkasa, tema ‘old skool’ merupakan konsep yang paling pas jika ingin memodifikasi Yamaha Scorpio.

“Paling enak untuk modifikasi aliran retro klasik adalah Yamaha Scorpio”, ujar pemilik bengkel khusus retro yang bertempat di kawasan Grand Depok City, Jawa Barat tersebut.

Seperti dilansir laman Liputan6.com pada Selasa (29/3), Arie menjelaskan bahwa Scorpio banyak dimodifikasi dengan tema retro karena memang cukup mudah mengerjakannya. Selain itu, beberapa pelanggannya memilih Scorpio sebagai basis modifikasi karena harganya yang cukup murah.

“Harga motornya tak terlalu mahal, tapi kualitas bagus. Itu dia kenapa di sini banyak konsumen Scorpio,” imbuhnya.

Ada pun ubahan yang paling sering diterapkan Arie saat memermak Scorpio adalah ban dan kaki-kaki yang dibuat lebih gambot, serta tangki bensin yang diganti dengan tangki bernuansa retro yang berukuran lebih kecil. Ditambah lagi, beberapa asesoris khas motor retro seperti lampu bulat, jok lebih mungil dan pendek, serta balutan cat dengan warna dominan hitam.

Arie menambahkan, sebenarnya pemilihan Yamaha Scorpio sebagai basis modifikasi sifatnya subyektif karena pada dasarnya semua jenis motor bisa dimodifikasi dengan gaya retro.

“Pada dasarnya semua bisa. Kalau butuh potong dan bangun rangka juga bisa dilakukan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Yamaha Scorpio sendiri hadir di Tanah Air pada tahun 2004 silam. Scorpio pertama kali hadir dengan mesin satu silinder tegak dengan kapasitas isi silinder 225cc. Motor ini hadir dengan suspensi depan teleskopik, sementara suspensi belakang dengan tipe monocross.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *