Spesifikasi dan Harga Yamaha M-Slaz

Spesifikasi dan Harga Yamaha M-Slaz – Misteri mengenai motor baru bergenre naked sport lansiran Yamaha perlahan-lahan mulai terkuak. Hampir selama sepekan terakhir, pemberitaan mengenai Yamaha MT-15 mendapat porsi yang cukup besar dari kalangan media. Begitupun dengan penggila otomotif roda dua di Indonesia. Mereka memberikan atensi khusus pada unit motor yang disebut-sebut sebagai versi naked atau telanjang dari Yamaha YZF-R15 tersebut. Namun Yamaha punya rencana lain. Alih-alih merilis MT-15 di Indonesia, pabrikan asal Jepang itu justru merilis motor barunya di Thailand terlebih dahulu. Bukan sebagai Yamaha MT-15, namun dengan nama Yamaha M-Slaz. Awal pekan kemarin, Yamaha Thailand secara seremonial memperkenalkan M-Slaz ada publik Negeri Gajah Putih tersebut. Kemunculan Yamaha M-Slaz di Thailand pun membuat pecinta otomotif di Tanah Air mepercayai bahwa Yamaha MT-15 juga akan segera hadir di Tanah Air. Hal ini karena sosok M-Slaz diyakini sebagai unit Yamaha MT-15 versi Thailand. Sebelumnya, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) memang sempat memberikan ‘kode’ bahwa unit MT-15 akan melenggang di Indonesia pada awal tahun 2016 mendatang. Namun kemunculan Yamaha M-Slaz di Thailand sedikit mengurangi penasaran publik akan sosok MT-15.

yamaha-m-slaz-5

Kehadiran Yamaha MT-15 di Indonesia memang masih dalam tahap perencanaan. Namun dengan munculnya Yamaha M-Slaz di Thailand kita bisa sedikit mendapat gambaran akan sosok MT-15 yang sesungguhnya, karena konon basis desain dan spesifikasi teknis antara M-Slaz dan MT-15 adalah sama. Jadi tak salah bila dikatakan Yamaha M-Slaz merupakan Yamaha MT-15 versi Thailand. Di Thailand sendiri, M-Slaz pun diplot untuk menempati segmen naked sport bike kelas mid-end atau menengah. Yamaha sendiri menjanjikan pengalaman baru lewat M-Slaz. Bila dilihat dari desain fisiknya, M-Slaz benar-benar layak disebut sebagai model street fighter sejati. Hal ini terpancarkan lewat desain bodi berukuran gambot dengan aksen half-fairing yang berkarakter tajam dan lugas. Dari desan headlamp depan hingga sektor buritan, Yamaha M-Slaz mengusung konsep desain futuristik berpadu dengan sentuhan khas Yamaha. Sekilas, sosok M-Slaz ini nampak seperti ‘baby’ MT-25. Selain tampil dengan karakter fisik beraura khas ‘motor jalanan’, Yamaha M-Slaz pun juga dibekali dengan spesifikasi teknis ruang permesinan yang mengadaptasi dari gen mesin YZF R-15. Hal ini dipastikan bahwa M-Slaz akan memiliki tarikan yang mantap dan performa mesin yang agresif. Meski hingga kini belum terkonfirmasi apakah nanti Yamaha M-Slaz ini benar-benar merupakan MT-15 versi Thailand, namun bila melihat tren yang berlaku memang kemungkinan besar transformasi M-Slaz ke Indonesia dengan nama Yamaha MT-15 akan terjadi. Nah, guna menyambut kehadiran Yamaha MT-15 yang katanya akan hadir sekitar awal tahun depan, AutoLive akan menyajikan terlebih dahulu spesifikasi Yamaha M-Slaz yang disebut-sebut sebagai MT-15-nya Thailand ini.

Spesifikasi Yamaha M-Slaz

Model Street Fighter Sejati dengan Garis Bodi Tajam nan Agresif

Melihat spesifikasi Yamaha M-Slaz pada bagian desain fisiknya, satu kata yang bisa menggambarkannya adalah: sangar! Yup, kali ini Yamaha benar-benar menunjukkan kelihaiannya dalam mendesain sebuah kuda besi. Yamaha M-Slaz kali ini tampil bak monster jalanan yang siap melibas trek aspal jalan raya. Tampilan M-Slaz begitu aduhai lewat lampu depan berkarakter agresif. Headlamp pada Yamaha M-Slaz dibagi menjadi dua bagian terpisah, lampu utama berada di bagian bawah dengan bentuk cangkang seperti mata yang menatap tajam, lalu lampu dim berada di atasnya dengan ukuran lebih kecil. Sementara lampu sein menyatu dengan dasbor bagian atas. Lampu sein berbentuk runcing berpadu cantik dengan setang ‘baplang’ Yamaha M-Slaz yang khas street fighter plus ditambahi dengan hand cover. Tampang depan M-Slaz semakin nampak bengis dan berotot karena Yamaha mengusung shock depan sistem up-side down ala moge. Bergerak ke samping, Yamaha M-Slaz menampilkan desain bodi nungging khas motor sport. Ini dipadukan dengan rangka deltabox yang membuatnya nampak lebih kekar. Oh ya, ternyata M-Slaz bukan murni naked bike karena Yamaha sendiri masih menempatkan shroud samping berukuran cukup besar yang lebih mirip half-fairing. Tak lupa, cover engine pada Yamaha M-Slaz dibuat runcing dengan laburan warna gelap. Bergerak ke sektor jok, M-Slaz masih mengadopsi jok ala R-15 yang modelnya terpisah. Lalu pada bagian buritan, Yamaha M-Slaz memiliki ‘buntut’ yang berkarakter sporty. Ukuran lampu belakang M-Slaz lebih kecil dari R-15. Namun untuk tail-nya masih mengusung konsep yang sama. Pun begitu dengan muffler atau kenalpot di mana Yamaha M-Slaz masih menggunakan model yang sama dengan Yamaha R-15. Velg tapak lebar dengan model palang jaring laba-laba ala moge semakin menambah karakter ‘liar’ pada spesifikasi Yamaha M-Slaz di bagian desain fisiknya.

yamaha-m-slaz-3

yamaha-m-slaz-7

Manuver Mantap Berkat Suspensi Berteknologi Tinggi

Selain memiliki desain bodi bernuansa street fighter yang kental, kelebihan lain yang coba ditawarkan oleh spesifikasi Yamaha M-Slaz adalah posisi riding yang nyaman serta manuver berkendara yang mantap. Bagi Brader yang penghobi touring, dijamin akan mendapatkan kenyamanan ekstra berkat dimensi fisik Yamaha M-Slaz yang pas untuk berkendara jarah jauh. Secara fisik, motor ini memiliki ukuran tubuh keseluruhan 795 x 1,955 x 1,065 mm. Ukuran ini sangat cocok untuk orang Indonesia. Apalagi, bobot M-Slaz juga tak terlalu berat, hanya sekitar 135 kg saja. Dengan ukuran bodi dan bobot yang pas, pastinya akan membuat motor ini asyik buat melibas jalanan, baik trek lurus maupun bergelombang dan berliku. Apalagi, keseluruhan 795 x 1,955 x 1,065 mm pun juga didukung sistem suspensi khas Yamaha. Seperti yang sudah kami singgung tadi, pada bagian depan M-Slaz, Yamaha menganut sistem suspensi up-side down ala moge. Sedangkan untuk bagian belakang, Yamaha M-Slaz dibekali dengan banana swing arm persis sama dengan punya R-15, berpadu dengan suspensi monoshock yang empuknya pas. Dengan ground clearance 164 mm serta tinggi jok 805 mm, spesifikasi Yamaha M-Slaz ini nampaknya memang disetting khusus untuk rider berjiwa touring sejati.

Performa Handal Berkekuatan Mesin SOHC Single Cylinder 4-Valve 150cc

Manuver mantap pada M-Slaz semakin handal karena Yamaha membekali motor barunya ini dengan spek mesin khas motor sport tulen. Secara teknis, spesifikasi Yamaha M-Slaz pada bagian mesin ini masih mengadopsi mesin yang sama yang disematkan pada Yamaha YZF-R15. Mesin pada R15 sendiri dikenal memiliki putaran bahwa yang responsif dan tetap stabil pada speed tinggi. Sensasi inilah yang akan Brader temukan pada Yamaha M-Slaz ini. Mesin SOHC silinder tunggal 4 katup berkapasitas 149cc pada M-Slaz akan memberikan performa handal. Kinerja mesinnya pun akan tetap stabil meski digeber maksimal karena mesin Yamaha M-Slaz sudah didukung oleh pendingin cair. Untuk penggeraknya, M-Slaz mengusung sistem transmisi 6-speed ala R15, bukan 5-speed seperti punya V-ixion. Pengabutan bahan bakar pada ruang bakar Yamaha M-Slaz pun akan semakin sempurna karena Yamaha sudah mengusung teknologi Fuel Injection. Keputusan Yamaha membekali spesifikasi Yamaha M-Slaz dengan mesin SOHC alih-alih DOHC seperti pada Honda CB150R memang dengan pertimbangan khusus. Yup! Seperti R15, kali ini Yamaha memang lebih mengincar tarikan bawah yang langsung kencang dan stabilitas mesin pada kecepatan tinggi.

Fitur Penunjang Serba Canggih dan Lengkap Khas Gen Yamaha MT Series

M-Slaz ini merupakan bagian dari keluarga Yamaha Master of Torque (MT) Series. So pastinya juga spesifikasi Yamaha M-Slaz juga dibekali dengan kelengkapan fitur penunjang khas Yamaha MT lainnya. Pada panel dashboard-nya, M-Slaz tampil futuristik berkat panel full digital. Ketika mesin dinyalakan, Brader akan disambut tampilan panel speedomter yang atraktif dan pastinya user freindly. Desain panel speedomter pada Yamaha M-Slaz pun juga sangat sederhana, namun tetap keren. Kemudian yang jadi fitur menarik lainnya pada Yamaha M-Slaz adalah disematkannya fitur MT-Switch yang merupakan fitur yang biasa dibawa oleh Yamaha MT Series. Dengan fitur ini Brader bisa menyalakan motor tanpa kunci. Kabarnya, nanti Yamaha MT-15 versi Indonesia juga akan dibekali fitur serupa mengingat pada konsol switchgear di stang motor ini terlihat tidak ada tombol start listrik. Dari semua pembahasan spesifikasi Yamaha M-Slaz tadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa kali ini Yamaha menghadirkan konsep motor naked style dengan perpaduan teknologi tinggi dan desain futuristik yang pastinya keren banget.

yamaha-m-slaz-8

Kaki-kaki Gambot Hadirkan Kesan Sporty Lebih Kuat

Guna mengimbangi spesifikasi Yamaha M-Slaz pada bagian fisik yang berukuran cukup gede, pada bagian kaki-kaki alias roda penggerak pun juga mengusung piranti yang memperkuat aura racing style-nya. Selain sudah menggunakan swing arm berjenis aluminum banana style pada bagian belakangnya, Yamaha M-Slaz ini juga didukung dengan kaki-kaki kekar sebagai roda penggeraknya. Spesifikasi Yamaha M-Slaz menawarkan roda penggerak cukup gambot dengan bekal velg berukuran 17 M / C-MT 3.50 untuk depan dan 17 M / C-MT 2.75 untuk belakang. Veldg jenis cast wheel tersebut lantas dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 M dan 130/70-17 M. Ini pastinya akan membuat M-Slaz semakin nampak kekar dan beaura racing yang kece abis!

Spesifikasi Teknis Yamaha M-Slaz

Yamaha M-Slaz

Mesin
Tipe Mesin Single Cylinder SOHC 4-Valve, Liquid Cooled
Kapasitas Isi Silinder 149cc
Rasio Kompresi 10,4:1
Diameter x Langkah 57.0 x 58.7 mm
Sistem Pengabutan Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Kopling Basah, multiple
Daya Maksimum to be confirmed
Torsi Maksimum to be confirmed
Sistem Starter Pedal & Elektrik dengan Switch Engine Stop
Dimensi
P x L x T 1.955 x 795 x 1.065 mm
Tinggi Jok 805 mm
Jarak terendah ke tanah 164 mm
Berat isi 135 Kg
Kapasitas Tanki 10,2 Liter
Sasis
Tipe Deltabox
Suspensi Depan Up-Side Down
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Single-Link
Ukuran Ban Depan 110/70-17 (54S) Tubeless
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 (62S) Tubeless
Tipe Rem Depan Cakram dual piston
Tipe Rem Belakang Cakram piston tinggal
Kelistrikan
Baterai 12 v, 3.0 AH / YTZ4V (MF)
Tipe Busi NGK / CR9E
Fitur Tambahan
Lampu Full LED (Light Emiting Diode)
Speedometer Full Digital

yamaha-m-slaz-4

Harga Yamaha M-Slaz

Untuk pangsa pasar Thailand, banderol harga Yamaha M-Slaz ini dikabarkan dijual mulai 89.500 baht. Nominal tersebut kurang lebih sama dengan sekitar Rp 34,5 jutaan. Di pasar otomotif lokal Thailand, pastinya Yamaha M-Slaz akan bersaing kuat dengan Honda CB150R atau versi full fairingnya, Honda CBR150R.

Nah itulah tadi ulasan AutoLive mengenai Yamaha M-Slaz yang digadang-gandang merupakan Yamaha MT-15 versi Thailand. Kabar terakhir yang masuk ke redaksi AutoLive, pihak Yamaha Indonesia Motor Manifacturing (YIMM) masih menimbang waktu yang pas untuk memboyong MT-15 ke Tanah Air. Kemungkinan besar Yamaha MT-15 akan diperkenalkan pada triwulan pertama tahun 2016 mendatang. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *