Spesifikasi dan Harga KTM RC200

Spesifikasi dan Harga KTM RC200 – Pertengahan tahun 2016 menjadi waktu yang dinanti oleh penggila roda dua di Indonesia. Ya, pertengahan tahun ini memang banyak pabrikan yang dijadwalkan merilis motor barunya. Setelah bulan lalu Astra Honda Motor (AHM) membuat publik geleng-geleng kepala lewat All New Honda CBR 250RR yang tampil gahar, kini giliran pendatang baru KTM yang menggebrak pasar otomotif roda dua Tanah Air. Lewat sosok KTM RC200, pabrikan asal Austria ini mencoba mencuri perhatian publik penggila motor ber-cc menengah. Sebenarnya, KTM bisa dibilang pendatang baru tapi lama. Hal ini karena jagoan Benua Biru itu terhitung sudah cukup lama hadir di Indonesia, meski dengan pangsa pasar tertentu. Kali ini, mengusung KTM RC200 model baru, pabrikan yang identik dengan warna oranye terang itu mencoba melebarkan sayap menyasar pecinta motor sport kelas menengah. KTM RC200 versi 2016 sendiri hadir bersama tiga model lainnya, yakni KTM Duke 200, KTM RC250, dan KTM RC250. Jika Duke Series memiliki karakter naked sport bike, maka KTM RC200 dan RC250 akan bertarung di segmen motor sport full fairing.

ktm-rc200

Hadir di segmen yang bisa dikatakan semakin kompetitif, pastinya KTM RC200 sudah siap dengan ciri khas tersendiri. Dari tampilan outside, model RC200 sangat kental beraroma moge khas Eropa. Desain rangka trusted frame dipadukan dengan tubular yang terlihat dari sisi luar menambah sisi gahar. Dual headlight berbentuk bulat menambah kesan garang tampilan depan KTM RC200 ini. Secara umum, konsep desain KTM RC200 ini memang benar-benar di luar pakem motor sport yang lain. Karakter body tajam khas KTM, dipadukan dengan konsep rangka futurstik membuat RC200 bisa mencuri pandangan siapa saja saat melaju di jalanan. Berpindah ke sektor mesin, kali ini KTM RC200 mengusung mesin single-cylinder berkubikasi 199,5cc. Itu artinya, motor ini akan bersaing di segmen medium sport bike. Seperti kita tahu, saat ini sedikit sekali pabrikan yang bermain di kelas 200cc. Sebelum KTM RC200, kita mengenal Bajaj Pulsar 200NS. Nah, sebagai informasi, saat membangun RC200, KTM bekerjasama dengan Bajaj Auto. Kedepannya, KTM RC200 menurut rencana akan dirakit di pabrik Bajaj. Hal inilah yang membuat banderol harga RC200 dan model lainnya akan jauh lebih murah dari harga lamanya. Bagaimana? Semakin penasaran dengan detail teknis dari KTM RC200 ini? Tenang, Autolive sudah menyiapkan ulasan lengkap spesifikasi dan harga KTM RC200 pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk, langsung aja simak!

Spesifikasi KTM RC200

Desain Khas Moge Eropa yang Beraksen Runcing dan Agresif

Sama seperti model RC125 atau RC390, spesifikasi KTM RC200 pada bagian konsep desain juga menawarkan sebuah model supersport modern yang agresif, elegan, dan tentunya memiliki ciri khas KTM. Kesan agresif langsung menyapa kamu pada sisi depan. Dual headlight berbentuk bulat pada “muka” KTM RC200 akan menyajikan kesan garang. Ujung fairing depan yang runcing akan membuat motor ini memiliki kemampuan aerodinamis yang bagus saat diajak membelah angin. Fairing depan pada KTM RC200 dibuat tidak terlalu tinggi, sehingga kaca pelindung tidak terlalu menyita temapat. Bergerak ke sisi samping, KTM RC200 juga sangat kental aroma moge khas Eropa. Fairing samping didesain menyatu, tertata rapi dari ujung atas hingga bagian bawah yang menutupi pipa gas buang. Semakin keren karena pipa gas buang atau exhaust KTM RC200 tersimpan rapi di bagian bawah, dengan saluran pembuangan “nyempil” di bawah tuas persneling. Jika umumnya motor sport tidak menampakkan rangkanya, maka kali ini KTM RC200 tampil gagah dengan sebagian frame yang dibuat telanjang. Laburan cat warna oranye terang khas KTM pada frame semakin memperkuat kesan gagah. Begitu juga model swing-arm yang meski belum menganut sistem banana-arm namun tetap terlihat kokoh dan penuh gaya. Bagian buritan KTM RC200 tampil minimalis layaknya motor sport full fairing pada umumnya. Dipadukan dengan jok model split, maka semakin kuat nuansa sporty pada motor ini. Begitupun dengan model tangki yang cukup gambot dilabur warna hitam doff yang menguatkan kesan macho. Overall, konsep desain spesifikasi KTM RC200 ini memang sangat kental identitas KTM. Agresif, elegan, dan out of the box!

Bobot Tidak Terlalu Berat Meski Dimensi Cukup Besar

Mengusung mesin dengan kubikasi besar, pastinya juga spesifikasi KTM RC200 di bagian dimensi juga mengalami penyesuaian. Pada model  RC200, KTM sendiri menggunakan rangka jenis steel trellis frame, atau bahan yang terbuat dari baja ringan dengan teknologi power coated. Hal ini membuat KTM RC200 memiliki rangka yang kuat dan stabil, namun bobotnya tidak terlalu berat. Bobot kotor (tanpa bahan bakar dan oli) KTM RC200 sendiri mencapai 137,5 kg. Dengan dimensi yang pas dan bobot tidak terlalu berat, maka KTM RC200 akan tetap stabil saat diajak melaju dalam kecepatan tinggi. Guna menambah stabilitas berkendara, KTM menyematkan suspensi WP upside-down pada bagian shock depan. Sedangkan suspensi belakang KTM RC200 menggunakan sistem monoshock. Penggunaan suspensi upside-down (USD) pada KTM RC200 jelas menjadi kelebihan tersendiri. Buat kamu yang suka menggeber gas saat trek lurus, maka kamu akan lebih menikmati enaknya suspensi KTM RC200 ini. Kombinasi rangka yang ringan namun kuat dan stabilitas kaki-kaki inilah yang juga menjadi keunggulan spesifikasi KTM RC200 di bagian dimensinya.

new-ktm-rc200

Masih Mengandalkan Mesin Single Cylinder Namun Power Semakin Optimal

Saatnya membedah spesifikasi KTM RC200 di bagian ruang mesinnya. Sesuai namanya, RC200 ini mengusung mesin berkubikasi 200cc, atau tepatnya dengan kapasitas isi silender sebesar 199,5cc. Mesin yang ditanamkan pada KTM RC200 ini merupakan jenis mesin single cylinder atau silinder tunggal 4-stroke. Dengan ukuran dimensi x langkah sebesar 72mm x 49mm, mesin yang diusung RC200 diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 19 kW. So, meski karakter mesinnya masih mengandalkan satu silinder, maka power yang dihasilkan memang cukup besar. KTM sendiri memang mengklaim bahwa KTM RC200 sangat cocok bagi mereka yang mendambakan motor sport berkarakter agresif dan powerfull, serta tentunya dengan desain lay-out premium khas KTM. Selain itu, KTM juga mengusung teknologi pengapian Bosch EMS pada ruang mesin sehingga pembakaran yang dihasilkan mesin KTM RC200 akan sempurna. Ditambah lagi dengan sistem pendingin cairan, maka suhu mesin akan tetap terjaga saat dipacu pada RPM tinggi sekalipun. Dan untuk sistem penggeraknya, KTM RC200 menggunakan sistem 6-percepatan manual. Guna semakin menambah agresifitas mesinnya, digunakan juga sistem kopling Wet multi-disc clutch, mechanically actuated. Secara umum, memang spesifikasi KTM RC200 pada bagian dapur pacu ini sangat cocok bagi sobat Autolive yang menginginkan motor sport dengan karakter bertenaga dan stabil pada kecepatan tinggi.

all-new-ktm-rc200

new-ktm-rc-200-specs

Dibekali Fitur Pengereman ABS dan Segudang Teknologi Canggih Lainnya

Rampung membahas soal teknis, sekarang kita akan menengok spesifikasi KTM RC200KTM RC200 pada bagian teknologi yang menyertainya. Seperti yang sudah Autolive bahas pada bagian awal tadi, kali ini KTM menghadirkan sesosok motor sport yang tak hanya kencang saja, namun juga dibekali dengan teknologi tinggi. Pada rangkanya, KTM RC200 mengusung frame jenis steel trellis frame yang ringan namun kokoh. Kekokohan rangka KTM RC200 ini bisa kamu lihat pada tralisnya yang sengaja dibuat nampak dari luar untuk memperlihatkan kesan maskulin. Kemudian, guna memberikan stabilitas pengereman, KTM RC200 juga sudah menggunakan sistem ABS atau Anti-lock Braking System. Dan untuk menghasilkan peredaman getaran maksmal, KTM juga menerapkan sistem suspensi Up-side Down atau USD jenis Bosch 9MB two-channel ABS pada bagian depan KTM RC200 ini. Dengan segenap teknologi tinggi yang diterapkan pada spesifikasi KTM RC200 ini, pastinya kesan motorsport premium sangat terlihat pada motor lansiran pabrikan asal Austria ini.

Spesifikasi Teknis KTM RC200
Mesin
Konfigurasi 1-Cylinder, 4-Stroke
Kapasitas Isi Silinder 199,5 cc
Dimensi x Langkah 72 mm x 49 mm
Lubrikasi Wet pump
Tenaga Maksimal 19 kW
Sistem Starter Electric Starter
Transmisi 6-Speed Manual
Sistem Pendingin Liquid Cooled
Sistem Kopling Wet multi-disc clutch, mechanically actuated
Sistem Kelistrikan (EMS) Bosch EMS
Rangka
Desain Rangka Steel trellis frame, powder coated
Jarak Sumbu Roda 1340 ± 15 mm
Jarak Dengan Tanah 178.5 mm
Berat Bersih 137.5 kg
Kapasitas Tangki BBM 10,1 L
Suspensi dan Pengereman
Suspensi Depan WP upside-down Ø 43 mm
Suspensi Belakang WP monoshock
Rem Depan Four-piston radial fixed calliper, brake disc 300 mm
Rem Belakang Single-piston floating calliper, brake disc 230 mm
ABS Bosch 9MB two-channel ABS

Harga KTM RC200

Bagaimana, puas dengan spesifikasi teknisnya? Sekarang yuk kita bahas harga KTM RC200 ini. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai harganya, Autolive akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai pembahasan teknis dari KTM RC200 tadi. Hadir sebagai pendobrak kelas motor sport menengah, KTM memang tampil all-out pada seri RC200 ini. Meski masih menggunakan teknologi mesin satu silinder, namun soal power pastinya KTM RC200 berani untuk diadu dengan motor dual silinder lainnya. KTM sendiri mengklaim bahwa RC200 mampu menghasilkan tenaga mesin hingga 19kW, sangat besar untuk motor sport dengan kubikasi mesin di bawah 250cc. Selain faktor mesinnya, banderol harga KTM RC200 pun juga dipengaruhi olah kehadiran sistem ABS pada sektor pengeremannya. Nah, dengan spesifikasi teknis dan teknologi yang cukup mumpuni, kira-kira banderol harga KTM RC200 ini berapa ya?

ktm-rc200-2016

Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar tiga tahun lalu, banderol harga KTM RC200 memang sangat tinggi. Kala itu, KTM membanderol RC200 dengan nominal harga mencapai Rp 70 jutaan. Namun kini, KTM berani memotong harga KTM RC200 dengan nominal yang cukup besar. Mau tahu harga baru KTM RC200? Yup, pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)2016 tahun ini, KTM Indonesia membanderol harga KTM RC200 mulai dari Rp 37 jutaan. Wow! Sebuah angka yang cukup terjangkau untuk ukuran motor sport kelas premium.

Harga KTM RC200
Rp 37.000.000,- (GIIAS 2016)

 

new-ktm-rc-200Nominal harga KTM RC200 yang turun drastis ini memang dipengaruhi oleh keputusan KTM Indonesia untuk memproduksi KTM RC200 secara lokal alias CKD (Completely Knock Down). Dengan menggandeng Bajaj Auto, KTM merakit RC200 untuk pangsa pasar Indonesia. Hal inilah yang membuat KTM RC200 dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding saat unitnya masih berupa CBU. Dengan strategi pasar ini, KTM Indonesia memang serius untuk semakin melebarkan sayap di segmen motor sport menengah atas, salah satunya lewat KTM RC200 ini. Bisa dibilang, dengan banderol harga KTM RC200 yang kini lebih terjangkau, produk pabrikan asal Austria ini berpotensi untuk “merusak” pasar motor sport kelas menengah atas yang saat ini dikuasai oleh Kawasaki, Honda dan Yamaha. Dengan pamor “premium” moge khas Eropa, KTM RC200 rasanya akan mudah merebut hati pecinta motor sport full fairing di Tanah Air. Bagaimana? Sobat Autolive tertarik memboyong KTM RC200 ke garasi rumah kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *