Spesifikasi dan Harga All New Suzuki Satria F150

Spesifikasi dan Harga All New Suzuki Satria F150 2016 – Bertahun-tahun menjadi penguasa di kelas bebek underbone 150cc, kedigdayaan Suzuki Satria F150 memang tak perlu diragukan lagi. Berbekal mesin DOHC berkapasitas 150cc, ‘Si Ayam Jago’ besutan Suzuki itu memang seakan tanpa lawan di segmen bebek sport pemula. Namun pada akhir tahun 2015 silam, tahta yang selama ini diduduki oleh Suzuki Satria FU perlahan-lahan mulai goyah. Adalah serbuan para kompetitor yang kini mulai bermain di segmen bebek sport 150cc. Diawali oleh Yamaha yang meluncurkan Yamaha MX King 150 di pertengahan tahun, lalu diikuti Honda yang menghadirkan New Sonic 150R. Dengan hadirnya dua pesaing beratnya, maka kehadiran All New Suzuki Satria F150 pun sudah dinanti-nanti oleh penggemarnya di Tanah Air. Selama ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang bergeming menanggapi posisi Satria F150 yang mulai terdesak oleh para pesaing. Hingga akhirnya Suzuki Indonesia benar-benar merasa singgasana Suzuki Satria F150 mulai goyah sehingga perlu melahirkan generasi baru, yakni All New Suzuki Satria F150 yang secara resmi dirilis pada bulan Februari 2016 yang lalu.

Tak ayal, kehadiran All New Suzuki Satria F150 memang sudah ditunggu publik, terutama mereka para penggila kecepatan. Dengan reputasi Suzuki Satria FU sebagai penguasa kelas bebek sport underbone, maka generasi baru Satria F150 memang layak untuk dinanti-nanti. Jauh hari, sudah tersiar bahwa Suzuki akan membekali All New Suzuki Satria F150 dengan mesin generasi baru. Jika selama ini Suzuki setia dengan mesin 4-tak DOHC 150cc bersistem pengapian karburator yang menjadi kekuatan utama Satria F, maka klan ke-4 dari keluarga Suzuki Satria F ini mengusung mesin DOHC 150cc Fuel Injection. Para penggemar Suzuki Satria sempat berspekulasi bahwa mesin baru yang diusung All New Suzuki Satria F150 ini tak akan ‘seliar’ Satria versi karbu. Hal ini memang wajar karena Suzuki Satria FU versi lama yang masih menggunakan sistem pengapian karburator dianggap sebagai yang paling kencang di kelasnya. Namun hal itu langsung dijawab oleh Suzuki Indonesia bahwa All New Suzuki Satria F150 akan tetap bertenaga karena mesin baru yang dibawanya sudah mengaplikasikan teknologi tinggi yang diadaptasi dari teknologi motor balap khas Suzuki. Selain menggendong mesin baru yang lebih bertenaga, All New Suzuki Satria F150 2016 pun juga hadir dengan desain yang lebih segar dan kental bernuansa agresif. Mulai dari konsep headlamp baru yang kini lebih revolusioner, hingga buritan berdesain baru yang lebih sporty. So, tak salah memang jika kehadiran All New Suzuki Satria F150 versi injeksi ini sudah ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Mr. Auto mengenai spesifikasi dan harga All New Suzuki Satria F150 pada segmen-segmen di bawah ini!

suzuki-satria-f150-FI

Spesifikasi All New Suzuki Satria F150

Desain Body Baru Berkarakter Agresif, Modern dan Sporty

Kita buka segmen spesifikasi All New Suzuki Satria F150 dari sisi eksterior terlebih dahulu. Dari tiga generasi sebelumnya, Suzuki memang masih mengusung konsep desain body yang hampir sama untuk Satria F150. Mulai dari generasi pertama hingga generasi terakhir yang masih bermesin karburator, Suzuki Satria F150 identik dengan sebuah bebek underbone dengan nuansa sporty yang simpel namun tetap elegan. Nah pada generasi All New Suzuki Satria F150 ini, Suzuki benar-benar mengubah konsep desain yang sudah ada. Maka hadirlah Satria FU generasi baru yang memiliki desain body revolusioner dan semakin sporty. Dimulai dari bagian headlamp, All New Suzuki Satria F150 hadir dengan desain lampu yang berkonsep huruf ‘T’, nampak seperti mata robot dengan tatapan tajam. Desain lampu ini menggantikan konsep ‘V-shape’ tajam yang selama ini menjadi identitas Satria FU. Kerennya lagi, kali ini lampu depan All New Suzuki Satria F150 sudah mengadopsi LED Light sehingga pancaran cahaya lampu dipastikan akan lebih terang. Bergerak ke sisi samping, guratan body pada Satria F150 versi injeksi juga tampil dengan konsep desain baru. Kini, All New Suzuki Satria F150 hadir dengan body yang lebih slim, serta memiliki lekukan body yang tajam dan pastinya sporty abis. Ubahan pun juga nampak pada bagian buritan, dimana Satria F150 FI memiliki lampu belakang yang lebih kecil dan lebih tajam. Saluran gas buang dan muffler pun juga mendapatkan penyegaran. Memiliki dimensi 1960 x 675 mm dengan jarak sumbu sepanjang 1280 mm, pastinya pula All New Suzuki Satria F150 versi injeksi ini juga akan sangat nyaman saat dikendarai serta memiliki ‘tampang’ yang benar-benar racing look. Suzuki sendiri menghadirkan lima pilihan warna untuk All New Suzuki Satria F150, yaitu Brilliant White/Solid Black, Stronger Red/Titan Black, Titan Black/Solid Black, Titan Black/Solid Black – Red CW, serta Macho Bright Blue yang livery-nya mengadaptasi kelir Suzuki di ajang balap MotoGP. Dengan mengusung konsep desain baru yang semakin agresif dan sporty, memang nampak nyata bahwa spesifikasi All New Suzuki Satria F150 pada bagian eksterior ini benar-benar memberikan aura yang segar kepada penggemarnya.

Panel Konsol Meter Full Digital Dipadukan Kokpit Bergaya Sporty

Sekarang saatnya kita berpindah ke spesifikasi All New Suzuki Satria F150 pada bagian kokpit dan juga panel konsol meternya. Dari generasi ke generasi, klan Suzuki Satria F150 dikenal sebagai bebek sport dengan desain kokpit yang sangat sporty. Hal ini bisa dilihat dari posisi stang yang lumayan menunduk dan penggunaan handle bar model jepit. Masih mempertahankan konsep ruang kendali yang sama, kini All New Suzuki Satria F150 semakin terasa ‘racing’ karena Suzuki sendiri membawa perubahan yang cukup revolusioner. Untuk generasi terbarunya ini, Suzuki Satria F150 FI hadir dengan panel konsol meter full digital yang akan memudahkan pengguna dalam mengecek kondisi motor. Dengan lampu latar berwarna orange yang ramah di mata, bingkai konsol meter pada All New Suzuki Satria F150 juga terasa simetris layaknya kokpit mobil dengan nuansa sporty yang begitu kuat. Selain mengusung penampilan baru yang pastinya user friendly, dashboard pada motor ini juga sudah dibekali dengan kelengkapan panel yang informatif. Adapun konsol meter All New Suzuki Satria F150 Injeksi ini mampu menampilkan penunjuk waktu, indikator FI, penunjuk kecepatan, tachometer, indikator posisi gear, indikator bensi, indikator RPM, twin trip, indikator temperatur pendingin, bahkan ada juga indikator interval oli yang mungkin tidak akan kita jumpai di motor lain sekelasnya. Semua panel indikator ini juga disajikan dengan sangat informatif dan pengoperasian lewat tombol yang cukup mudah. Pada spesifikasi All New Suzuki Satria F150 ini, pabrikan berlogo huruf ‘S’ ini juuga mengusung teknologi 1-Push Electric Starter yang akan semakin memudahkan pengguna saat menyalakan mesin motor.

suzuki-satria-fu-injeksi

Performa Paling Liar di Kelasnya Berbekal Mesin Baru 4-Tak DOHC 150cc Fuel Injection

Sekarang saatnya membedah spesifikasi All New Suzuki Satria F150 di bagian mesinnya yang diklaim merupakan mesin yang benar-benar baru dan memiliki performa paling ganas di antara kompetitornya. Sebagai generasi penerus DNA Satria F atau Raider 150, jelas untuk sektor yang satu ini Suzuki tidak akan main-main. Sebab DNA yang dibawa pendahulunya memang sudah melekat kuat. All New Suzuki Satria F150 versi injeksi kali ini membawa mesin 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama. Namun untuk mesin barunya, pada All New Suzuki Satria F150 FI ini sudah dirancang dengan konstruksi mirip motor balap khas Suzuki dengan pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar. Sementara itu untuk mengejar performa balap, kali ini All New Suzuki Satria F150 Injeksi juga diperkuat throttle body berukuran 32 mm layaknya motor spek sirkuit. Lantas untuk komponen pistonnya, Satria F150 Injeksi memiliki bobot yang lebih ringan namun diracik lebih kuat berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada bagian dinding silinder mesin. Hal ini membuat mesin All New Suzuki Satria F150 tetap kuat dan awet walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi. Hasil dari kombinasi tersebut, motor ini memiliki power dan torsi paling melimpah di kelasnya dengan tenaga hingga 13, KW/1.000 rpm dan torsi puncak mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan. Di atas kertas, All New Suzuki Satria F150 ini memang memiliki power paling ganas di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki karakteristik mesin overbore dengan rasio kompresi 11.5 :1. Dengan karakter seperti ini, Satria F150 FI akan mampu memuntahkan power yang terus konsisten, baik di angkatan awal hingga kecepatan tinggi. Apalagi, Chief Engineer All New Satria F150, Mitsuru Tachikawa berani mengatakan bahwa di kelasnya, model motor bebek hyper-underbone andalan Suzuki yang kini berteknologi injeksi itu menjadi bebek 150cc tercepat. Dibandingkan dua kompetitor, performa Suzuki Staria F150 versi injeksi diklaim selalu berada di atas berdasarkan hasil uji internal. Meski memiliki performa liar, namun All New Suzuki Satria F150 juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena hadirnya sistem suplai bahan bakar Fuel Injection yang dikombinasikan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Hasilnya, mesin generasi baru yang ada pada spesifikasi All New Suzuki Satria F150 ini memiliki konsumsi BBM bisa mencapai 50 km/liter.

Hadir dengan Suspensi Mantap dan Didukung Teknologi Mutakhir

Memegang identitas sebagai bebek sport dengan performa paling liar di kelasnya, pastinya spesifikasi All New Suzuki Satria F150 juga membutuhkan dukungan suspensi berkualitas untuk menjamin berkendara yang lebih nyaman. Untuk piranti yang satu ini sepertinya Suzuki masih mempertahankan piranti pada Suzuki Satria FU versi lawas yang dinilai masih mumpuni dalam menunjang performa berkendara. Dimana All New Suzuki Satria F150 kali ini dibekali dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi berjenis monoshock di bagian belakang. Menariknya lagi untuk menjamin stabilitas berkendara, Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid. Beranjak ke sektor pengereman, juga ada perbedaan dengan varian lamanya dimana All New Suzuki Satria F150 Injeksi kali ini sudah membawa petal disk brake (cakram) model gerigi dengan diameter lebih lebar bermodel wave dua piston kaliper di bagian depan dan cakram wave single piston di bagian belakang. Dengan cakram baru ini, Suzuki menjamin metode pengereman pada Satria F150 Injeksi akan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Bergerak ke sektor kaki-kaki, All New Suzuki Satria F150 kali ini membawa desain velg yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk velg barunya ternyata membawa bobot yang lebih ringan demi alasan performa handling. Sementara velg cast wheel di bagian kaki-kaki All New Suzuki Satria F150 tersebut dibalut dengan ban tubeless yang memiliki alur baru berukuran 70/90-17 38P di bagian depan dan 80/90-17 50P di bagian belakang. Meski sejatinya hadir dengan karakter ‘speed’ khas motor sport, tak lantas membuat Suzuki meninggalkan aspek utilitas pada motor terbarunya ini. Dimana untuk fitur penunjang pada All New Suzuki Satria F150 Injeksi memiliki ragam fitur yang mumpuni dan mengutamakan fungsionalitas. Dimulai untuk fitur bagasi, kini Satria F150 FI memiliki bagasi untuk menyimpan barang berharga yang ditempatkan di dashboard depan. Kemudian untuk fitur pengamanan, Suzuki Satria F150 Injeksi dilengkapi dengan Safety Shutter Key (kunci magnet pengaman) model terbaru yang bisa dioperasikan dengan satu langkah yang lebih praktis. Layaknya motorsport masa kini, spesifikasi All New Suzuki Satria F150 juga memiliki footsetep yang bisa ditekuk dan terdapat sensor kemiringan.

new-suzuki-satria-f150-injeksi

Spesifikasi All New Suzuki Satria F150 FI
Dimensi
P x L x T 1960 x 675 x 1280 mm
Jarak Pijak 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg
Mesin
Jenis Mesin 4-tak, DOHC, Liquid Cooled
Kapasitas Isi Silinder 147,3 cc
Rasio Kompresi 11,5
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian EURO 3
Sistem Starter 1-Push Electric Starter
Daya Maksimum 13,6 Kw (18,49 hp) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm / 8.500 rpm
Transmisi 6-speed manual
Kapasitas Tangki 4.0 liter
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Kaki-kaki
Rem Depan New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang New Petal Design Disc Brake
Roda Depan 70/90-17 38P
Roda Belakang 80/90-17 50P

all-new-suzuki-satria-f-injeksi-2016

new-suzuki-satria-f150-FI-2016

Harga All New Suzuki Satria F150

Puas memberedeli spesifikasi teknis dari generasi baru Suzuki Satria F150, sekarang waktunya kita membahas kisaran harga All New Suzuki Satria F150 yang diplot untuk bertarung di segmen bebek sport 150cc. Resmi dirilis pada medio Februari 2016 dengan brand ambassador Aleix Espargaro dari tim Suzuki Ecstar MotoGP, Suzuki Indonesia memang berharap banyak pada generasi baru Satria F150 ini. Bagaimanapun juga, reputasi sebagai bebek terkencang di kelasnya memang sudah kadung disandang oleh Suzuki Satria F. Oleh karena itulah, All New Suzuki Satria F150 harus mampu mengembalikan dominasi Suzuki yang mulai goyah karena serbuan kompetitor di kelas bebek sport 150cc. Bicara soal daya jual, kisaran harga All New Suzuki Satria F150 ini dibanderol di kisaran Rp 21 juta hingga Rp 22 juta, atau tepatnya Rp 21.650.000 untuk Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black/Stronger Red/Titan Black) dan Rp 21.950.000 untuk High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW). Untuk segmen bebek sport underbone, kisaran harga All New Suzuki Satria F150 ini memang sangat kompetitif, meski sedikit lebih mahal dari salah satu kompetitornya, yakni Honda Sonic 150R.

Harga All New Suzuki Satria F150 2016
Tipe Harga
All New Suzuki Satria F150 FI Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black/Stronger Red/Titan Black) Rp. 21.650.000,-
All New Suzuki Satria F150 FI High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW) Rp. 21.950.000,-

Berbekal mesin baru dan juga konsep desain yang lebih fresh, Suzuki memang semakin percaya diri untuk kembali menjadi raja di kelas bebek sport 150cc. Kemudian, dengan harga All New Suzuki Satria F150 yang juga sangat kompetitif pastinya juga akan mampu mengembalikan kedigdayaan Staria F sebagai bebek sport terkencang di Tanah Air. Hal ini memang sudah terbukti. Hingga kuartal pertama tahun 2016 ini, Suzuki mencatat bahwa All New Suzuki Satria F150 sudah terjual sebanyak 300an ribu unit, jauh meninggalkan kompetitornya. Nama besar Suzuki Satria F memang sangat berperan dalam kembali menanjaknya penjualan Suzuki hingga pertengahan tahun 2016 ini. Kombinasi mesin baru, teknologi tinggi khas Suzuki, serta kisaran harga All New Suzuki Satria F150 yang kompetitif pastinya menjadi paket sempurna untuk mengembalikan dominasi Suzuki di peta persaingan otomotif roda dua Tanah Air.

all-new-suzuki-satria-f150-2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *