Spesifikasi dan Harga All New Honda CBR250 RR

Spesifikasi dan Harga All New Honda CBR250 RR – Misteri mengenai sosok All New Honda CBR250 RR versi 2016 akhirnya terjawab sudah. Senin (25/7) kemarin, PT Astra Honda Motor(AHM) selaku agen pemegang merek motor Honda di Indonesia secara resmi merilis generasi terbaru dari keluarga Honda CBR tersebut. Mengusung label “All New”, AHM memang menepati janjinya untuk menampilkan sesuatu yang baru pada All New Honda CBR250 RR versi 2016 ini. Kerennya lagi, Honda CBR250 RR akan dirakit di pabrik Honda Plant 5, Cikarang, Jawa Barat. Dibukanya selubung penutup All New Honda CBR250 RR ini pastinya menjawab rasa penasaran publik terhadap sosok baru pengusung gen Honda CBR ini. Sebelum tabir penutupnya resmi dibuka, All New Honda CBR250 RR memang sudah menyita perhatian penggila kecepatan di Indonesia karena AHM sendiri sudah memperlihatkan video teasernya.

all-new-honda-cbr250-rr-2016

Mengusung tagline “Total Control”, Honda CBR250 RR versi 2016 diklaim akan mengusung teknologi mesin baru. Selain itu, sentuhan desain body serba baru juga akan membungkus All New Honda CBR250 RR ini. Dan benar saja, sama seperti teaser yang sudah pernah beredar sebelumnya, Honda CBR250 RR tampil gahar dengan guratan desain body beraksen tajam, lampu depan LED yang elegan, serta suspensi depan upside-down yang membuatnya nampak begitu kekar. Kesan gagah memang sangat ditonjolkan oleh All New Honda CBR250 RR ini. Sebagai jagoan Honda di segmen motor sport kelas menengah, Honda CBR250 memang terhitung jarang mendapat penyegaran. Seakan tak mau kalah dengan dua kompetitornya di kelas 250cc, Kawasaki dan Yamaha, Honda pun memberikan jawaban sempurna lewat All New Honda CBR250 RR ini. Digadang-gadang akan menjadi pesaing Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha YZF-R25, Honda CBR250 RR versi 2016 ini hadir dengan citra baru motor sport modern yang bertenaga, elegan, dan tentunya nyaman untuk dikendarai. Menyinggung soal tenaga, Honda memang sudah menyiapkan dapur pacu baru untuk keluarga baru Honda CBR ini. Ya, All New Honda CBR250 RR akan mengusung mesin baru berkubikasi 250cc dua silinder. Sektor mesin inilah yang membedakan Honda CBR250 RR yang pertama kali diluncurkan di Indonesia ini dengan model yang beredar di Thailand sebelumnya. Nah untuk lebih jauh mengenal sosok All New Honda CBR250 RR, Autolive sudah menyiapkan review lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk, langsung aja simak bareng-bareng!

Spesifikasi All New Honda CBR250 RR

Desain Body Gahar dan Futuristik Tegaskan Nuansa Sporty yang Kental

Keren abiis! Itulah kesan pertama yang akan kamu temui saat memelototi desain body Honda CBR250 RR ini. Yup, spesifikasi All New Honda CBR250 RR di sektor eksterior memang begitu menakjubkan. Dimulai dari sektor depan, motor sport ini menampilkan konsep lampu utama futuristik yang ukurannya tak terlalu lebar. Sedikit banyak mirip generasi All New Honda CBR150 R. Bedanya, All New Honda CBR250 RR memiliki lampu sein berada di atas headlamp yang membuatnya nampak semakin gahar. Hal ini sekaligus menampilkan ciri khas CBR250 RR yang tidak ditemui pada model lain. Bentuk windshield yang tak terlalu lebar juga menambah aura sporty pada sisi depan. Bergerak ke sektor fairing samping, desain body samping All New Honda CBR250 RR juga sangat memperhitungkan sisi aerodinamika. Fairing sisi kanan-kiri hampir menutupi separuh bagian mesin. Kemudian dipadukan dengan fairing bawah dengan ujung runcing. Meski demikian, Honda tetap menyisakan rangka yang terlihat dari luar untuk menambah kesan berotot pada All New Honda CBR250 RR ini. Berpindah ke bagian kokpit, kali ini Honda mengsung stang model jepit. Menuju ke bagian tangki, desain tangki dibuat bergelombang namun tetap membuat pengendara merasa nyaman. Menambah kesan sporty, jok model split pun dipilih. Uniknya, bagian buritan ada sedikit space ‘bolong’ di bagian ujung samping kanan-kiri ekor All New Honda CBR250 RR ini. Kesannya memang futuristik. Desain lampu belkang dibuat seperti bentuk boomerang terbalik, yang cukup anggun saat menyala di malam hari. Dan sebagai penyempurna desainnya, Honda menyematkan dual silencer sebagai gas buang All New Honda CBR250 RR ini. Bisa dibayangkan bagaimana raungan dua selongsong silencer tersebut. Secara umum, kali ini Honda memang all-out dalam mendesain generasi baru CBR250 ini. Dan sekali lagi, spesifikasi All New Honda CBR250 RR di bagian eksterior ini memang benar-benar keren. Absolutely awesome!

honda-cbr250-rr-dua-silinder

Dimensi Gambot Didukung Suspensi Upside-down yang Mantap untuk Berakselerasi

Puas dengan spesifikasi All New Honda CBR250 RR di bagian desain eksterior, kini saatnya kita menengok ke urusan dimensi dan kaki-kaki. Sekilas, Honda CBR250 RR versi 2016 ini memiliki ukuruan tubuh yang lebih melar dari versi lamanya. Hal ini pastinya untuk mengakomodasi perubahan teknis yang terjadi. Secara dimensional, All New Honda CBR250 RR memiliki ukuran tubuh 2,060 x 724 x 1,098 mm dengan jarak terendah ke tanah 145 mm. Untuk ukuran motor sport berkubikasi 250cc, dimensi Honda CBR250 RR memang terhitung gambot. Apalagi, jarak antar sumbu roda mencapai 1,389 mm. Meski ukurannya cukup besar, namun hal ini akan memberikan rasa mantap saat mengajaknya berakselerasi. Sementara itu, sektor kaki-kaki pun tak luput dari pembaruan. Suspensi depan pada All New Honda CBR250 RR sudah mengadopsi model upside-down (USD) sehingga manuvernya akan tetap terjaga pada kecepatan tinggi. Untuk suspensi belakang, digunakanlah swing arm alumunium model Pro-link. Sementara untuk mengimbangi power mesin yang cukup liar, All New Honda CBR250 RR dipasang rem cakram hidrolik dual piston di bagian depan serta cakram tunggal untuk rem belakang. Tak lupa, kaliper Nissin disematkan untuk hasil pengereman sempurna. Sebagai sentuhan akhir di sektor kaki-kaki dari spesifikasi All New Honda CBR250 RR, digunakanlah duet ban 110/70 – 17 54S (tubeless) untuk bagian depan, dan ban 140/70 – 17 66S (tubeless) untuk kaki-kaki belakang.

Mesin Dua Silinder 8-Katup Berkubikasi 250cc Hadirkan Power Bertenaga

Saatnya membedah spesifikasi All New Honda CBR250 RR di bagian paling vital, yakni mesin. Semenjak teasernya dirilis, publik sudah menerka-nerka bahwa Honda CBR250 RR akan mengusung mesin generasi baru. Dan sesuai namanya dengan label “RR”, Honda CBR250 RR ini benar-benar dijejali dengan mesin generasi baru yang lebih bertenaga. Mengusung mesin DOHC berkapasitas isi silinder 249,7cc, All New Honda CBR250 RR dipastikan mampu memuntahkan power lebih besar karena mesin tersebut memiliki konfigurasi 8-katup dengan dua silinder paralel. All New Honda CBR250 RR ini memiliki kode motor K64A yang kabarnya mampu menyemburkan power maksimal hingga 37 hp, sedangkan untuk torsinya bisa mencapai 24 NM. Konfigurasi mesin tersebut tentunya akan menjadi incaran banyak orang, khususnya mereka para pecinta motor kelas 250cc. All New Honda CBR250 RR sendiri akan dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Comfort, Sport, dan Sport +. Perbedaannya terletak pada tenaga dan torsi yang dihasilkan. Berbekal modal mesin generasi baru pada All New Honda CBR250 RR ini, nampak bahwa Honda ingin menghidupkan kembali hegemoni mereka di kelas sport 250cc. Diakui bahwa selama ini memang pabrikan berlogo sayap mengepak itu sedikit tertinggal dari dua kompetitornya, yaknis Yamaha dan Kawasaki. Sebagai informasi, konon Honda sudah melakukan riset mengenai All New Honda CBR250 RR sejak 3-4 tahun yang lalu. Itu berarti bahwa ketika Yamaha YZF-R25 dirilis, sebenarnya prototipe Honda CBR250 RR sudah di-develop di Jepang. So, dengan spesifikasi All New Honda CBR250 RR yang mengusung generasi mesin baru, mereka memang benar-benar ingin menghadirkan sensasi baru di motor sport kelas 250cc.

new-honda-cbr250-rr-2016

Teknologi Mutakhir Hadirkan Motor Sport Berkemampuan Istimewa

Urusan teknologi pun juga masuk dalam pengembangan spesifikasi All New Honda CBR250 RR ini. Salah satu fitur canggih yang disematkan pada All New Honda CBR250 RR adalah Honda Ignition Security System, yaitu sistem keamanan yang terintergrasi dengan ECU. Bila slot kunci kontak pada CBR250 RR dijebol secara paksa, maka sistem pada ECU akan langsung “error” sehingga mesin dipastikan tidak akan menyala. Ini pastinya akan menambah rasa aman pada pemilik All New Honda CBR250 RR. Teknologi lain yang hadir pastinya pada bagian mesin yang kini mengusung mesin DOHC 8-Valve Twin Cylinders. Mesin Honda yang dikenal memiliki power besar dipastikan akan menjadi senjata utama bagi All New Honda CBR250 RR di pasaran. Apalagi, mesin pada CBR250 RR ini menggunakan teknologi Throttle by Wire yang akan menghasilkan gas spontan yang maksimal. Guna mendukung keliaran mesin berkubikasi 250cc tersebut, diusunglah suspensi kelas wahid yakni sistem upside-down di bagian depan dan monoshock dengan Pro-link di bagian belakang. Sementara untuk memberikan pengereman sempurna, All New Honda CBR250 RR didukung cakram hidrolik untuk rem depan dan belakang yang dilengkapi dengan kaliper Nissin. CBR250 RR sendiri hadir dalam dua sistem pengereman, yakni versi standar dan ABS. Hal lain yang membuat pengendara All New Honda CBR250 RR akan semakin dimanjakan adalah panel full digital di bagian kokpitnya. Dengan segudang kombinasi teknologi mesin dan inovasi mutakhir khas Honda, spesifikasi All New Honda CBR250 RR kali ini memang benar-benar sempurna. Total control!

Spesifikasi Teknis All New Honda CBR250 RR
Mesin
Tipe mesin DOHC 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
Kapasitas Isi Silinder 249,7 cc
Sistem Pengapian Throttle By Wire System with Accelerator Position Sensor
Sistem Pendingin Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-Fi
Diameter x Langkah 62.0 x 41.4 mm
Tipe Transmisi Manual, 6-speed
Perbandingan Kompresi 11,5 : 1
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem Starter Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
Kapasitas Minyak Pelumas 1,9 L
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak Sumbu Roda 1.389 mm
Jarak Terendah ke Tanah 145 mm
Tinggi Jok 790 mm
Kapasitas Tangki BBM 14,5 liter
Rangka
Tipe Rangka Diamond (truss) frame
Rem Depan Hydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rem Belakang Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
Suspensi Depan Inverted Telescopic Front Suspension
Suspensi Belakang Aluminium Swing Arm (5A djustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Ban Depan 110/70 – 17 54S (tubeless)
Ban Belakang 140/70 – 17 66S (tubeless)
Kelistrikan
Sistem Pengapian Full transistered
Tipe Baterai / Accu MF 12V-7Ah
Tipe Busi NKG SILMARBC-9 (Irridium Spark Plug)

all-new-honda-cbr250rr

Harga All New Honda CBR250 RR

Puas mengulik spesifikasi teknisnya, sekarang saatnya kita berbicara mengenai harga All New Honda CBR250 RR di pasaran. Namun sebelumnya perlu Autolive informasikan bahwa Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemegang lisensi motor Honda di Indonesia belum secara langsung melakukan penjualan unit CBR250 RR. All New Honda CBR250 RR sendiri rencananya akan dijual melalui diler Honda Big Wing yang memang dikhususkan memasarkan motor premium lansiran Honda. Ada sekitar 135 diler yang akan memasarkan All New Honda CBR250 RR ini. Soal harga, memang hingga kini belum ada rilis resmi dari pihak AHM mengenai banderol harga All New Honda CBR250 RR ini. Namun dari kabar yang beredar, nominal harga CBR250 RR kemungkinan besar akan meninggalkan dua kompetitornya, yakni Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha YZF-R25. Hal ini memang wajar, karena spesifikasi teknis dan desain yang diusung oleh All New Honda CBR250 RR sedikit lebih unggul dari keduanya.

Kembali ke soal harga All New Honda CBR250 RR, menurut informasi yang Autolive terima, banderol harga generasi baru dari Honda CBR ini menyentuh angka Rp 63-68 jutaan untuk versi standar. Sedangkan harga All New Honda CBR250 RR versi ABS diperkirakan mencapai Rp 69-74 jutaan. Sebuah harga yang benar-benar “wow”, bukan?! Hitung-hitungan harga All New Honda CBR250 RR ini memang masih bisa berubah, menunggu rilis resmi dari AHM. Namun jika diamati secara seksama, ubahan frontal yang dilakukan oleh Honda pada CBR250 RR memang pantas dihargai mahal. Jadi, tidak heran bila akhirnya banderol harga All New Honda CBR250 RR dipatok dengan nominal selangit.

Harga All New Honda CBR250 RR 2016
Tipe Harga
All New Honda CBR250 RR STD Rp 63,000,000,- s/d Rp 68,000,000,-
All New Honda CBR250 RR ABS Rp 69,000,000,- s/d Rp 74,000,000,-

all-new-honda-cbr250rr-twin-cylinders

Namun sekali lagi perlu Autolive tegaskan bahwa harga All New Honda CBR250 RR diatas masih berupa perkiraan. Dengan melihat peta persaingan otomotif roda dua kelas 250cc yang semakin sengit, Honda seperti ingin menambahkan kesan eksklusif pada CBR250 RR ini. Modal riset bertahun-tahun yang dilakukan oleh Honda pun sepertinya terbayar lunas oleh generasi baru All New Honda CBR250 RR ini. Mesin gahar, desain mantap dan teknologi mutakhir adalah modal utama Honda, yang akhirnya juga berpengaruh pada kisaran harga All New Honda CBR250 RR di pasaran. Nah sekarang kembali ke selera sobat Autolovers semua. Tertarik untuk menebus harga All New Honda CBR250 RR ini? Segera kunjungi diler Honda Big Wing terdekat di kota kamu. Sekian dulu review Autolive mengenai All New Honda CBR250 RR ini. Sampai ketemu di review lainnya. Salam Autolive!

One thought on “Spesifikasi dan Harga All New Honda CBR250 RR

  1. Some Elementary Advice To Effectively Defeat Panic Attacks

    Did you know that people with higher than normal intelligence are prone to panic attacks? If you experience these attacks, hopefully this knowledge along with the other helpful tips in this article will assist you with finding peace of mind in trying to deal with your situation.
    https://www.acheterviagrafr24.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *