Prodrive dan Renault Bangun Megane RX Supercar untuk Kompetisi FIA World Rallycross 2018

Prodrive dan Renault akan berkolaborasi dalam mengembangkan dan membangun mobil super Megane RX Supercar yang akan diturunakan dalam kompetisi FIA World Rallycross 2018. Mobil tersebut rencananya akan dikembangkan dan didesain dari nol di markas Prodrive di Banbury, Inggris.

prodrive-dan-renault-bangun-megane-rx-supercar-untuk-kompetisi-fia-world-rallycross-2018

Mobil Renault Megane RX Supercar akan mengusung mesin berkapasitas 2 liter turbo yang merupakan perjanjian dengan pembalap Perancis, Guerlain Chicherit dalam proses pembuatannya. Seperti dilaporkan oleh Motorsport, mobil anyar tersebut akan diperkenalkan di seri kesembilan World RX di Loheac, Perancis pada bulan September tahun ini. Sesi uji coba kemudian akan dilakukan menjelang tahun 2018.

“Berkompetisi di ajang FIA World Rallycross Championship telah menjadi ambisi kami sejak lama,” ujar kepala Prodrive, David Richards.

“World RX adalah kejuaraan balap yang mengalami kemajuan paling pesat. Ini menjadi peluang untuk memanfaatkan kemampuan teknis kami dan membangun mobil yang mampu memenangkan gelar juara dunia,” terang Richards.

Sementara itu, Chihcerit mengungkapkan rasa senangnya bisa ambil bagian dalam pengembangan Megane RX Supercar.

“Saya sangat senang untuk bekerja dengan orang-orang dari Prodrive membangun yang telah menjadi impian saya sejak lama. Saya tahu dengan tim yang tepat dan dukungan yang kami punya, kami akan mampu menghasilkan mobil yang akan benar-benar berpengaruh di paddock,” terang Chicherit.

Selain mesin dan eksterior yang mendapat modifikasi aerodinamika ekstensif, belum ada informasi lain soal spesifikasi teknis Megane RX Supercar ini.

Nama Prodrive yang digawangi David Richards sendiri telah memiliki banyak pengalaman di berbagai ajang balap seperti tim WRC Subaru, Mini di WRC dan Global Rallycross, Aston Martin di balap GT, bahkan Honda di F1 saat tim tersebut masih bernama BAR.

“Ini adalah seri motorsport yang berkembang paling cepat di dunia dan memberi kami kesempatan menggunakan semua pengalaman rekayasa kami untuk membuat mobil yang mampu menangkan gelar dunia,” tegas Richards.

“Guerlain pastinya adalah pembalap yang berbakat. Kami sudah tidak sabar untuk dapat bekerja sama dengan dia dan membangun mobil yang bisa dibanggakan oleh dia sendiri dan Renault,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *