Lebih Dekat dengan All New Honda CBR150R

all-new-honda-cbr150r-2016

Awal tahun 2016, tepatnya pada medio Februari, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru dari Honda CBR150R, yakni All New Honda CBR150R. Dipadukan dengan agenda meet and greet bersama duo pebalap tim Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, PT AHM secara resmi membuka tirai penutup All New Honda CBR150R.

Kehadiran generasi baru Honda CBR150R ini memang sudah sangat dinanti-nanti oleh penggemar otomotif Tanah Air.

“Ini merupakan generasi terakhir dari CBR150R yang melegenda dan banyak sentuhan baru,” ujar Toshiyuki Inuma selaku President Director PT Astra Honda Motor.

Honda sendiri memang menjanjikan sejumlah perubahan pada All New CBR150R, baik dari segi teknis maupun tampilan. Dari sisi eksterior atau penampilan, kali ini Honda CBR150R hadir dengan desain body lebih ramping serta memiliki karakter sporty nan agresif. Hal ini bisa dilihat dari desain headlamp baru berbentuk sorot mata tajam serta sudah menggunakan teknologi LED. Kemudian untuk urusan teknis, Honda membekali All New CBR150R dengan mesin generasi baru DOHC 4 klep berkapasitas 150cc.

Dengan segudang perubahan yang diberikan, All New Honda CBR150R hadir bagi jiwa muda yang dinamis dan sporty. Sesuai dengan karakternya, generasi baru Honda CBR150R merupakan partner yang sangat pas bagi Autolovers yang mengidamkan motor sport modern yang bertenaga dan pastinya keren abis. Nah untuk lebih jelasnya, kali ini tim Autolive akan mengajak kamu semua untuk mengenal lebih jauh All New Honda CBR150R. Yuk, langsung aja simak bareng-bareng!

Spesifikasi All New Honda CBR150R

Desain Baru Lebih Ramping dan Berkarakter Agresif

all-new-honda-cbr150r

Kesan sporty langsung akan Autolovers temui saat memandang All New Honda CBR150R. Yup, kali ini generasi terbaru dari spesies Honda CBR150R ini hadir dengan konsep desain body baru yang lebih ramping serta memiliki lekukan body tajam. Dimulai dari bagian fascia depan, headlamp bergaya ‘raptor eye’ akan menambah kesan gagah pada CBR150R. Aksen alis pada bagian lampu depan juga semakin menambah kesan elegan. Dipadukan dengan lampu LED, maka konsep sporty berteknologi tinggi terasa sangat kental pada All New Honda CBR150R. Sein dan lampu rem juga full LED, sehingga hemat listrik dan lebih tahan lama. Menariknya lagi, di panel saklar kiri ada tombol dim, meskipun tetap tanpa tombol engine cut off.

Bergerak ke bagian kokpit, seluruh panel speedometer juga sudah menggunakan teknologi full digital. Kendati ukurannya kompak, tapi isinya sangat lengkap. Tak hanya takometer, spidometer, odometer, tripmeter A dan B, fuelmeter dan jam, kini ada tambahan gear position dan fuel consumption. Asyiknya lagi, speedometer pada All New Honda CBR150R akan memberikan ‘greeting’ saat mesin dinyalakan atau dimatikan.

all-new-cbr150r-206

Berpindah ke bagian tangki, tangki pada All New Honda CBR150R sudah mengadopsi model flat dan bergerigi, seperti tangki punya All New CB150R StreetFire. Model tangki seperti ini akan memunculkan kesan sporty, meski kapasitas tangki menyusut menjadi 12 liter dari sebelumnya 13,2 liter. Lanjut ke sektor kaki-kaki, All New Honda CBR 150R dibekali pelek palang 10 dengan lebar 2,5 X 17 dan 3,5 X 17 dibalut ban 100/80-17 dan 130/70-17. Untuk sistem keamanan laju, motor ini didukung rem depan dan belakang cakram, lalu kenyamanan ditopang suspensi belakang yang sudah pro-link.

Sementara untuk menambah kesan sporty, side body pada All New Honda CBR150R pun juga mendapat perubahan dengan tampilan baru yang lebih slim dan memiliki karakter tajam. Ditambah lagi dengan desain fairing baru serta bentuk knalpot masa kini, maka kesan agresif memang sangat terasa pada All New CBR150R ini. Secara umum, penampilan luar All New Honda CBR150R ini benar-benar membuat mata sulit berkedip. Keren abis pokoknya! Kalau desain body benar-benar baru, lalu bagaimana dengan urusan teknis dapur pacunya ya?

Performa Bertenaga Berkat Mesin DOHC 4-Valve 150cc dengan Rocker Arm

Soal teknis Autolovers tak perlu khawatir. Untuk All New Honda CBR150R ini, Honda menjanjikan performa lebih mentap dengan mengusung mesin generasi baru. All New CBR 150R mengadopsi teknologi DOHC 4 klep dengan rocker arm, sehingga gesekan lebih ringan. Sistem pendingin mesin dibantu radiator dan penyaluran tenaga pakai transmisi 6 speed.

Mesin baru ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 12,6 kW (17,1 PS) pada putaran mesin 9000 rpm dan torsi puncak sebesar 13,7 Nm (1,40 kgf.m) pada 7000 rpm. Sebagai motor sport modern, All New Honda CBR150R menggabungkan kecanggihan mesin terkini ditopang gaya motor sport lebih modern. Sehingga lebih agresif, tajam, performa lebih baik serta tetap nyaman. Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Honda CBR150R versi baru ini jelas memiliki perbedaan mulai dari kelistrikan, mesin, hingga karakter desain body.

all-new-honda-cbr-150r-2016

Pada bagian jantung mesinnya, All New Honda CBR150R sudut klep dibuat lebih tegak untuk menghasilkan volumetrik lebih efisien. Selain itu, pada generasi baru Honda CBR150R ini klep menggunakan ukuran lebih kecil dari CBR150R versi lama. Meski begitu, penggunaan roller rocker arm pada All New Honda CBR150R membuatnya lebih rendah terhadap friksi atau gesekan sehingga power yang dihasilkan menjadi lebih bertenaga.

Ruang bakar pada jantung dapur pacu All New Honda CBR150R menggunakan pent roof yang mampu menghasilkan tenaga lebih besar berkat proses pembakaran yang lebih sempurna. Bahkan, dari hasil pembakaran ini mampu menyemburkan daya sangat maksimal dan rasio kompresi tinggi mencapai 11,3:1. Kemudian, sistem pendinginan pada All New Honda CBR150R pun juga berbeda dengan versi lama yakni saluran air pada silinder dipompa langsung dan terintegrasi di dalam, tidak pakai selang di luar lagi. Hal ini membuat getaran mesin mampu diredam secara maksimal.

Teknologi tinggi berikutnya yang hadir pada All New Honda CBR150R adalah sistem injeksi bahan bakar khas Honda yang menjamin konsumsi BBM lebih efisien tanpa mengurangi tenaga mesin. Untuk pasokan bensin, All New CBR150R dibekali sistem injeksi close loop dengan total 7 buah sensor, yaitu MAP (Manifold Absolute Pressure) untuk membaca tekanan udara di throttle body, IAT (Intake Air Temperature) yang membaca suhu udara di intake, TP (Throttle Position) atau sensor yang membaca besarnya bukaan gas. Ketiga sensor itu posisinya ada di throttle body yang berdiameter 30 mm. Kemudian, sensor ECT (Engine Coolant Temperatur) juga disematkan pada All New Honda CBR150R yang menginformasikan suhu mesin. Terakhir O2 Sensor yang akan membaca hasil pembakaran di saluran buang. Sebagai otak pengaturan proses pembakaran, ada ECM (Engine Control Module). Kerja piranti pada mesin All New Honda CBR150R ini adalah menerima input dari sensor-sensor kemudian memerintahkan kapan dan banyaknya injektor menyemprotkan bensin ke ruang bakar dan kapan busi memercikkan api.

warna-all-new-honda-cbr-150r-2016

Riding Impression

Tak bisa dipungkiri, sejumlah perubahan yang dibawa All New Honda CBR150R ini semakin membuatnya terasa powerful. Hampir sama seperti motor sport besutan Honda lainnya, karakter All New CBR150R ini adalah ‘ganas’ di putaran atas. Hal ini karena All New Honda CBR150R dibekali dengan mesin berkarakter square (bore x stroke 57,3 X 57,8 mm). So, seperti yang sudah pernah Mr. Auto coba, generasi baru Honda CBR150R ini langsung terasa ngacir saat tancap gas pada kesempatan pertama.

honda-cbr-150r-2016

Karakter All New Honda CBR 150R ini tentu menawarkan riding ability lebih nyaman saat dipakai harian. Menyalip pun tak perlu main selip kopling. Kendati begitu, tetap ada perbedaan dengan All New Honda CB150R StreetFire. Putaran bawah pada All New Honda CBR150R berbeda secara torsi, putaran atasnya juga  lebih smooth dan cepat. Hal ini berdasar dari mapping ECU dan perbedaan final gear yang lebih berat, yakni  CBR 150R 45/15 sedangkan CB 150R SF 46/15.

new-cbr150-r-2016

Dibekali dengan jok model split alias terpisah, aura racing memang sangat terasa pada All New Honda CBR150R. Posisi riding yang tak terlalu menunduk juga memudahkan pengendara saat bermanuver dan tak akan cepat merasa lelah. Finally, Honda memang menghadirkan perubahan yang menawan pada generasi baru Honda CBR150R ini. Seperti tagline yang diusungnya, All New Honda CBR150R Own the Ride! Absolutely in Control!

Spesifikasi Teknis All New Honda CBR150R
Mesin
Tipe mesin 4 Stroke, DOHC 4-Valve
Kapasitas Isi Silinder 149.16cc
Sistem Pendingin Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-Fi
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8mm
Tipe Transmisi Manual, 6-speed
Perbandingan Kompresi 11,3 : 1
Daya Maksimum 12.6kW(17.1 PS/9000rpm)
Torsi Maksimum 13.7Nm (1.40kgf.m/7.000rpm)
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Starting System Eleltrik starter
Kapasitas Minyak Pelumas 1,1L
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 1.983 x 694 x 1.083 mm
Jarak Sumbu Roda 1.311 mm
Jarak Terendah ke Tanah 166 mm
Tinggi Jok 787 mm
Berat Kosong 135 kg
Kapasitas Tangki BBM 12L
Rangka
Tipe Rangka Diamond (truss) frame
Rem Depan Cakram hidrolik
Rem Belakang Cakram hidrolik
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (sistem prolink)
Ban Depan 100/80-17 52P (tubeless)
Ban Belakang 130/70-1762P (tubeless)
Kelistrikan
Sistem Pengapian Full transistered
Tipe Baterai / Accu MF Wet 12V 5Ah
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N

all-new-honda-cbr-150r

One thought on “Lebih Dekat dengan All New Honda CBR150R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *