First Drive Suzuki Ciaz: Mesin Lebih Halus, Kabin Pun Lebih Senyap!

First Drive Suzuki Ciaz – Halo Autolovers! Kali ini Autolive punya sajian spesial untuk anda semua! Yup, Sabtu (19/12), redaksi Autolive mendapat kesempatan untuk mencoba sedan premium terbaru dari Suzuki, yakni Suzuki Ciaz. Sudah pada tahu Suzuki Ciaz, kan?! Benar sekali Autolovers! Suzuki Ciaz adalah seri sedan terbaru keluaran pabrikan asal Jepang, Suzuki. Beberapa waktu yang lalu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi telah merilis Suzuki Ciaz untuk pasar otomotif nasional. Dengan mengusung tagline “Make a SMART Way”, Suzuki berupaya menghadirkan gairah baru untuk pangsa pasar sedan kelas menengah atas hingga premium.

mobil-sedan-suzuki-ciaz

Suzuki Ciaz sendiri dibangun dengan konsep stylish dan elegan. Hal ini bisa dilihat dari desain eksteriornya yang meski terlihat minimalis, namun tetap memiliki tampilan yang oke dan pastinya penuh gaya. Suzuki pun merancang Ciaz dengan basis mesin mengusung mesin tipe K14B. Mesin ini merupakan platform mesin yang sama yang digunakan pada generasi Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga sendiri dikenal sebagai unit small MPV yang memiliki tarikan mesin halus, namun tetap bertenaga. Nah, penasaran dengan Suzuki Ciaz yang merupakan sedan “fresh from the oven” ini, redaksi Autolive sudah tak sabar merasakan sensasi mengendarainya. Berbarengan dengan event Adisutjipto Air Force Open Base yang digelar di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu (19/12), Autolive mendapat kesempatan untuk melakukan test drive Suzuki Ciaz. Test drive ini sendiri dilakukan bersama Suzuki Sumber Baru Yogyakarta yang kebetulan menghadirkan booth Suzuki dalam acara tersebut. Penasaran bagaimana rasanya mencoba Si Cantik Ciaz? Berikut laporannya.

first-drive-suzuki-ciaz

Tarikan Mesin Halus Didukung Handling Mantap

Tenaga mesin K14B berkapasitas 1.373cc benar-benar terasa saat Autolive mencoba Ciaz. Untuk ukuran sedan menengah atas hingga premium dengan kapasitas isi silinder 1.4 liter, performa Suzuki Ciaz memang ciamik. Kebetulan Autolive mendapat kesempatan untuk mencoba Ciaz tipe matic (A/T). Layaknya sedan premium, Suzuki Ciaz langsung asyik untuk diajak tancap gas di putaran mesin awal. Di sini, performa mesin 4 silinder, 16 katup khas Suzuki sangat terasa. Bagi Autolovers yang gemar putaran mesin bawah, Ciaz nampaknya sangat recommended. Sebagai informasi, mesin pada Ciaz mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 92PS pada 6.000rpm, sementara torsinya mencapai 130Nm/4.000rpm.

Selain mesin yang cukup bertenaga, manuver Suzuki Ciaz pun tergolong enteng. Apalagi, transmisi otomatis 4-Speed yang Autolive coba ini juga mampu menghadirkan kemudahan dalam bermanuver. Ketika diajak bermanuver menikung, suspensi Ciaz bisa meredam dengan baik. Begitu pun saat melalui jalanan bergelombang dengan laju sedang hingga kencang tidak menjadi masalah bagi Ciaz. Sayangnya bobot lingkar kemudi yang sangat ringan mengurangi kepercayaan diri dalam mengemudikan Suzuki Ciaz di kecepatan tinggi. Kalau boleh menilai, Autolive memberikan nilai 7 dari skala 10 untuk performa dan handling Suzuki Ciaz.

sedan-baru-suzuki-ciaz

Kabin Lega, Nyaman, dan Memiliki Tingkat Kesenyapan Ruangan yang Tinggi

Satu hal yang akan sobat Autolovers dapatkan saat masuk ke kabin Suzuki Ciaz adalah rasa lega dan nyaman. Hal ini karena Suzuki sendiri mendesain ruang kabin Ciaz secara apik. Desain interior pada Suzuki Ciaz ini berbeda dengan sedan mid-range lainnya. Suasana nyaman, asyik, dan berkelas akan Autolovers dapatkan sepanjang perjalanan bersama Ciaz. Satu lagi, tingkat kesenyapan pada kabin Suzuki Ciaz ini ternyata cukup tinggi. Suara-suara bising dari luar hampir tak terdengar dari dalam kabin Ciaz. Hal ini pastinya akan menjadi kelebihan bagi pengemudi maupun penumpang di dalamnya.

Selain kabin yang lega dan ekstra nyaman, anda pun akan menemui suasana elegan berkat tata ruang kabin Suzuki Ciaz yang benar-benar memancarkan aura mewah. Meski pada beberapa sudut tetap terlihat minimalis, namun secara umum desain interior pada Ciaz bisa diacungi jempol. Terlebih lagi, beragam fitur modern sudah ada pada dashboard-nya, seperti koneksi Bluetooth dan juga port USB. Namun ada sedikit catatan pada dashboard Suzuki Ciaz di mana belum dilengkapi dengan panel layar LCD sehingga akan sulit untuk menghubungkan smartphone pada port tersebut. Padahal, para kompetitor sudah dilengkapi dengan panel LCD atau layar sentuh.

Suasana kabin yang cukup asyik juga didukung oleh kelengkapan fitur safety atau keamanan. Sektor keselamatan memang menjadi salah satu poin utama yang ditawarkan oleh Suzuki Ciaz, di mana mobil ini sudah dibekali dengan Suzuki TECT (Total Effective Control Technology) pada bodi, yakni penggunaan baja ringan dan memiliki fitur struktural bak zona himpit sehingga dapat menyerap energi benturan lebih baik. Tak lupa juga Dual SRS Airbag dan ABS serta EBD sudah tersedia pada Ciaz.

suzuki-ciaz

Itulah tadi rangkaian test drive Autolive bersama Suzuki Ciaz. Kesimpulannya, Suzuki memang benar-benar lihai meracik komposisi yang pas dalam membangun Ciaz. Kombinasi mesin bertenaga yang ternyata cukup halus, serta desain kabin yang nyaman membuat Suzuki Ciaz akan menjadi partner yang pas untuk eksekutif muda yang dinamis. Didikung dengan desain eksterior yang premium membuat Ciaz semakin terlihat berkelas. Satu kata untuk Suzuki Ciaz: keren!

sedan-suzuki-ciaz

Nah, sampai di sini dulu perjumpaan kita dalam agenda test drive Suzuki Ciaz. Pastikan anda selalu bersama Autolive karena kami selalu menyajikan informasi terkini seputar dunia otomotif. Salam Autolovers!

 

Terimakasih kepada: Suzuki Sumber Baru Group Yogyakarta

Test Driver: A. Robert JR

Reporter: Jonathan Situmorang

Fotografer: Hierly Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *