Tiongkok Buka Peluang Perpanjang Kontrak dengan F1

Pemerintah Tiongok membuka kemungkinan untuk memperpanjang gelaran balap Formula 1 di Negeri Tirai Bambu tersebut. Peluang Sirkuit Shanghai untuk kembali menggelar F1 di tahun-tahun mendatang menandakan bahwa balapan jet darat paling bergengsi di dunia itu tidak akan hengkang dari Tiongkok dalam waktu dekat.

tiongkok-buka-peluang-perpanjang-kontrak-dengan-f1

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, kontrak Tiongkok dengan F1 akan berakhir pada tahun 2017 ini, tepatnya pada tanggal 9 April 2017. Jika tidak diperpanjang, maka gelaran GP Tiongkok di Sirkuit Shanghai pada musim ini akan menjadi yang terakhir kalinya.

Namun berdasarkan dokumen yang dirilis oleh pemerintah setempat, gelaran balap F1 sangatlah penting bagi Tingkok, khususnya Kota Shanghai. Menurut rencana, pemerintah Kota Shanghai akan melakukan pengembangan di kawasan sirkuit kebanggan rakyat Tiongkok tersebut.

Dalam dokumen yang berjudul “Program Pengembangan Industri Olahraga Shanghai 2016-2020”, pemerintah lokal Shanghai mengaku masih membutuhkan event prestisius sekelas F1.

Tertulis di dokumen tersebut: “Pada tahun 2020, Shanghai berkomitmen menjaga momentum gelaran event ikonik setiap bulannya.”

“Pertama-tama, adalah meningkatkan operasional dan keefektifan event-event besar, seperti GP Tiongkok F1… Ketiga, adalah meningkatkan daya tarik kota Shanghai terhadap event-event olahraga internasional… dan menambahkan 1-2 event besar sebelum tahun 2020.”

Di lain pihak, Chasey Carey selaku CEO baru F1 yang menggantikan Bernie Ecclestone baru-baru ini berkata bahwa kawasan Asia merupakan pangsa pasar yang besar dan penting bagi olahraga sepertii Formula 1.

Untuk jangka panjang, saya pastinya setuju jika Amerika Serikat dianggap sebagai kawasan yang berpotensial bagi olahraga ini,” ucap Carey di situs resmi F1. “Tetapi kami juga yakin, Amerika dan Asia juga menjadi kawasan penting untuk pertumbuhan ke depannya,” ujar Carey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *