Tes Pramusim F1 Barcelona: Mercedes Ungguli Ferrari di Hari Ketiga

Valteri Bottas bawa Mercedes mengungguli Ferrari pada tes F1 Barcelona hari ke-3, Senin (1/3). Catatan waktu Bottas di Barcelona pada tes pagi hari membuat pembalap baru Mercedes itu menempati posisi puncak.

tes-pramusim-f1-barcelona-mercedes-ungguli-ferrari-di-hari-ketiga

Seperti dilaporkan Motorsport, Bottas langsung tampil impresif pada debutnya bersama Mercedes. Pada tes pagi hari, Senin (1/3), ia mampu mencatatkan waktu 1 menit 19,705 detik sekaligus membuat catatan waktunya menjadi yang tercepat pada tes pekan ini. Di Barcelona, Bottas menggunakan ban dengan kompon ultrasoft pada sesi tes pagi. Pilihan ban yang tepat membuat Bottas mampu tampil kencang di trek.

Catatan waktu Bottas mampu mengungguli pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Vettel sendiri merupakan pembalap lain selain Bottas yang bisa menembus kisaran waktu 1 menit 19 detik untuk 1 putaran. Catatan waktu Vettel adalah 1 menit 19,952 detik.

Raihan Vettel terbilang cukup impresif mengingat pembalap Jerman itu mencatat waktu terbaiknya saat menggunakan kompon ban soft – dua tingkat lebih keras dibandingkan kompon ultrasoft yang dipakai oleh Bottas saat mencatat waktu terbaiknya.

Sementara itu, rekan setim Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton secara bergantian menggunakan mobil baru Mercedes di Barcelona. Mengambil alih posisi Bottas di mobil Mercedes, Lewis Hamilton, melakukan program simulasi balapan dan mencatat waktu 1 menit 22,175 detik sebagai raihan terbaiknya hari ini.

Hamilton menggunakan pilihan ban medium sebelum berganti ke ban dengan kompon soft pada akhir sesi tes. Namun sayangnya, simulasi balap Hamilton sempat terhenti dua kali akibat insiden yang dialami oleh pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz, dan pembalap muda Williams, Lance Stroll.

Sainz mengalami insiden saat ia melebar ke luar trek di Tikungan 4, sementara Stroll mengalami insiden yang lebih serius. Pembalap Kanada itu diyakini kehilangan kendali saat keluar dari Tikungan 5 dan kemudian menabrak dinding ban pembatas di sebelah kiri trek. Mobil Williams FW40 yang dikemudikan Stroll terlihat mengalami kerusakan cukup parah dan timnya memutuskan untuk mengakhiri sesi lebih awal.

Insiden kecelakaan Stroll sendiri merupakan kecelakaan ketiga yang terjadi dalam sepekan. Satu hari sebelumnya, pembalap rookie itu kehilangan kendali pada Tikungan 9 yang membuat mobilnya sempat terjebak di kerikil. Kecelakaan itu juga membuat mobil Stroll rusak dan tidak bisa kembali diturunkan untuk sesi sore harinya.

Pada penghujung tes, bendera merah kembali berkibar setelah mobil Ferrari SF70H yang dikendarai Vettel mendadak berhenti di dekat garis start dan harus didorong masuk ke dalam pit. Meski mobilnya mogok, Vettel berhasil melakukan 139 putaran, sementara Marcus Ericsson menjadi pembalap tersibuk kedua dengan total 126 putaran di mobil Sauber C36.

Sedangkan duet Hamilton-Bottas dari Mercedes membuat total 170 putaran pada tes hari ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *