Terkendala Dana, Rio Haryanto Dipastikan Absen di F1 2017

Harapan rakyat Indonesia untuk kembali menyaksikan Rio Haryanto di balapan F1 nampaknya benar-benar telah sirna. Pasalnya, Rio dipastikan absen di gelaran F1 musim 2017 setelah pembalap muda asal Solo itu terkendala masalah pendanaan.

terkendala-dana-rio-haryanto-dipastikan-absen-di-f1-2017

Kepastian mengenai gagalnya Rio kembali membalap di lintasan F1 diungkapkan oleh laman GP Update, Selasa (3/1). Disebutkan bahwa Rio gagal mendapatkan sponsor sehingga tak mendapatkan kursi pembalap di salah satu tim F1 tahun 2017.

Sebagaimana kita ketahui, tahun lalu Rio berhasil menorehkan sejarah sebagai orang Indonesia yang menjadi pembalap F1 setelah ia bergabung dengan tim Manor Racing. Kala itu, Rio bertandem dengan pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein. Namun sayangnya, pembalap kelahiran 22 Januari 1993 itu gagal menyelesaikan satu musim balapan akibat manajemennya tak mampu memenuhi dana yang diminta Manor, mengingat Rio adalah pay-driver.

Di Manor, Rio bahkan tak sampai pertengahan musim, dimana posisinya digantikan oleh Esteban Ocon asal Perancis. Usai posisinya sebagai pembalap Manor hilang, lantas Rio tetap di tim namun hanya berstatus pembalap cadangan. Kini, pada F1 musim 2017 nama Rio sepertinya akan benar-benar hilang dari jagad F1.

“Rio tidak akan balapan di Formula 1 tahun ini, batas waktu yang ditetapkan oleh Sauber telah berlalu,” ucap Indah Pennywati kepada Rappler yang dikutip GP Update, Selasa (2/1).

Sauber sendiri disebut-sebut tertarik menggunakan jasa Rio Haryanto. Namun lagi-lagi masalah dana menjadi penghambat Rio untuk kembali tampil di F1. Hal ini karena Pertamina yang sebelumnya menjadi sponsor utama Rio tak sanggup lagi mengucurkan dana.

Sebelumnya, Rio sempat mengatakan bahwa dirinya memiliki peluang fifty-fifty untuk kembali ke grid F1. Namun peluang tersebut sepertinya tak akan menjadi kenyataan.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto merasa kecewa ketika mendengar kabar bahwa Rio tidak bisa lagi bersaing di ajang F1.

“Kami berharap bahwa karir Rio tidak berhenti hanya karena soal dana,” ujar Gatot.

Menghilang dari dunia F1, Rio disebut-sebut akan bekerja kantoran. Rio dikabarkan akan bekerja bersama ayahnya di perusahaan penghasil buku dan alat tulis KIKY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *