Strategi Berjalan Lancar, Vettel Menangi F1 GP Australia

Sebastian Vettel sukses menjuarai seri perdana F1 2017 di Sirkuit Melbourne Park, Australia, Minggu (26/3). Pembalap Ferrari itu berhasil mengungguli Lewis Hamilton dari Mercedes setelah strategi balap yang dijalankan timnya berjalan lancar.

strategi-berjalan-lancar-vettel-menangi-f1-gp-australia

Sebelum akhirnya menjadi yang tercepat, Vettel terlibat pertarungan sengit dengan Hamilton di lintasan. Hamilton melakukan start yang baik dan berhasil menjaga posisi pimpinan balapan di depan Vettel setelah melewati tikungan pertama. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, sempat menerima tekanan dari Max Verstappen, tetapi pembalap Finlandia itu masih bertahan di posisi keempat.

Jalannya Balapan

Pada lap pertama, sempat terjadi insiden ketika pembalap Haas, Kevin Magnussen, bersenggolan dengan pembalap Sauber, Marcus Ericsson. Keduanya sempat terjebak di jebakan kerikil di luar Tikungan 3. Magnussen mengalami bocor ban dan langsung masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban.

Memasuki lap ke-3, penonton bertepuk tangan saat jagoan lokal mereka, Ricciardo keluar dari garasi dan turun ke trek menggunakan kompon soft.

Lima lap pertama, Vettel sempat menempel dengan jarak kurang dari satu detik di belakang Hamilton. Kemudian pada lap 15, pembalap Haas, Romain Grosjean, yang tampil impresif di sesi kualifikasi, tersingkir dari balapan hari ini akibat masalah mesin. Sementara pembalap Renault, Jolyon Palmer, beberapa kali mengalami masalah rem.

Hamilton lantas melakukan pitstop pada Lap-18 untuk melakukan pergantian ke kompon ban soft, sementara Vettel masih berada di trek berharap pada strategi overcut. Meski sempat melakukan catatan waktu tercepat setelah keluar dari pit, Hamilton kemudian sedikit tertahan di belakang Verstappen yang belum melakukan pitstop.

Strategi Brilian Ferrari Menangkan Vettel

Meski sempat melakukan catatan waktu tercepat setelah keluar dari pit, Hamilton kemudian sedikit tertahan di belakang Verstappen yang belum melakukan pitstop.

Sementara itu, Hamilton mengeluhkan kondisi bannya yang ia anggap sudah mulai aus.

Guys.. saya rasa ban ini sudah mulai aus,” keluh Hamilton kepada timnya melalui transmisi radio.

Hamilton sempat terpaut 6 detik di belakang pemimpin balapan yang baru, Vettel. Setelah rangkaian masalah sejak babak Q3 kualifikasi, Ricciardo akhirnya tersingkir dari balapan kandangnya pada Lap-28 setelah mobilnya terlihat berhenti di luar Tikungan 4. Horner kemudian mengungkapkan bahwa masalah mesin menjadi penyebab tersingkirnya pembalap Australia itu.

Memasuki putaran ke-38, Bottas terus mengejar rekan setimnya, Hamilton, yang menempati posisi kedua. Jarak antar keduanya berhasil dipangkas oleh Bottas menjadi 2,8 detik setelah sempat berjarak di kisaran 10 detik beberapa putaran sebelumnya. Sementara Vettel terus memperlebar jarak keunggulannya menjadi 9,2 detik.

Pada Lap-44 Stroll mengalami masalah saat mengerem untuk Tikungan 13, tidak lama kemudian pembalap rookie itu masuk ke pit dan tersingkir dari balapan perdananya di F1.

Di belakang rombongan pimpinan balapan, Verstappen masih berusaha mengejar Raikkonen dalam perebutan peringkat keempat.

Pertarungan perebutan posisi poin terakhir terjadi antara pembalap McLaren, Fernando Alonso, pembalap Force India, Esteban Ocon, dan pembalap Renault, Nico Hulkenberg. Pada Lap-53 Ocon menggunakan DRS untuk menyalip Alonso di Tikungan 1, tetapi Hulkenberg yang tepat menempel di belakang, mengambil sisi dalam Ocon. Pembalap Force India itu berhasil menjaga posisi ke-10 di depan Hulkenberg yang juga berhasil menyalip Alonso.

Tidak lama setelah tersalip oleh dua mobil, Alonso tersingkir dari balapan usai melaporkan ada masalah pada mobil McLaren MCL32 yang ia kemudikan.

“Ada masalah, mobil tertarik ke kiri. Mungkin ada masalah suspensi,” lapor Alonso.

Saat bendera finis dikibarkan, Vettel berhasil melintas garis finis di posisi pertama dengan jarak keunggulan 10 detik di depan Hamilton dan Bottas. Raikkonen menempati peringkat keempat setelah menahan serangan dari Verstappen.

Keputusan Ferrari untuk melakukan strategi overcut (melakukan pitstop lebih telat) berhasil membawa Vettel ke podium tertinggi dan meraih trofi juara pertama di balapan pembuka era baru F1 2017. Kemenangan di Australia merupakan kemenangan Ferrari yang ke-225.

Berikut hasil GP Australia 2017, Minggu (26/3):

1. Sebastian Vettel (Ferrari – Ferrari) 57 laps

2. Lewis Hamilton Mercedes – Mercedes) +9.975s

3. Valtteri Bottas (Mercedes – Mercedes) +11.250

4. Kimi Raikkonen (Ferrari – Ferrari) +22.393s

5. Max Verstappen (Red Bull – TAG) +28.827

6. Felipe Massa (Williams – Mercedes) +1m 23.386s

7. Sergio Perez (Force India-Mercedes) +1 lap

8. Carlos Sainz (Toro Rosso-Renault) +1 lap

9. Daniil Kvyat (Toro Rosso-Renault) +1 lap

10. Esteban Ocon (Force India-Mercedes) +1 lap

11. Nico Hulkenberg (Renault – Renault) +1 lap

12. Antonio Giovinazzi (Sauber – Ferrari) +2 laps

13. Stoffel Vandoorne (McLaren-Honda) +2 laps

Gagal Finish

14. Fernando Alonso (McLaren-Honda) 53 laps

15. Kevin Magnussen (Haas-Ferrari) 49 laps

16. Lance Stroll (Williams – Mercedes) 43 laps

17. Daniel Ricciardo (Red Bull – TAG) 28 laps

18. Marcus Ericsson (Sauber – Ferrari) 23 laps

19. Jolyon Palmer (Renault – Renault) 18 laps

20. Romain Grosjean (Haas-Ferrari) 15 laps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *