Pirelli Umumkan Pilihan Ban untuk Dua Seri Awal F1

Pemasok ban resmi Formula 1 (F1), Pirelli, telah mengumumkan pemilihan komon ban untuk dua seri awal balapan F1 musim 2017. Rilis Pirelli tersebut disampaikan secara resmi pada Kamis, (22/12) waktu Italia.

pirelli-umumkan-pilihan-ban-untuk-dua-seri-awal-f1

Seperti dikutip dari laman Motorsport, sesuai ketentuan yang mengharuskan Pirelli untuk menentukan tipe kompon ban 15 pekan sebelum balapan dimulai. Guna memenuhi aturan tersebut, perusahaan ban asal Italia tersebut telah mengumumkan pemilihan kompon ban untuk GP Australia (24-26/3) dan GP China (7-9/4).

Pirelli akan membawa kompon ultrasoft, supersoft, dan soft untuk balapan pembuka musim 2017 di Melbourne. Kompon supersoft atau soft, berpeluang menjadi kompon yang wajib digunakan saat balapan. Sementara kompon ultrasoft menjadi kompon yang akan digunakan untuk babak Q3.

Untuk GP China, kompon supersoft, soft, dan medium, akan menjadi kompon ban yang dapat dipilih oleh tim-tim Formula 1 nanti. Kompon soft atau supersoft, berpeluang menjadi kompon yang wajib digunakan saat balapan. Sementara kompon supersoft menjadi kompon yang akan digunakan untuk babak Q3.

Sebelumnya, FIA World Motor Sport Council (WMSC), juga telah mengumumkan bahwa di lima balapan pertama, semua pembalap diwajibkan memakai kompon yang sama. Dengan demikian, keputusan pemilihan kompon ban akan berada di tangan Pirelli.

Sebagai informasi, ban spesifikasi ban Pirelli untuk F1 musim 2017 akan berukuran 25mm lebih lebar ketimbang spesifikasi ban Pirelli yang digunakan pada musim 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *