Mercedes Luncurkan Mobil Baru untuk F1 2017

Tim Mercedes GP secara resmi mengumumkan mobil baru mereka yang akan digunakan pada balapan F1 musim 2017. Mobil Mercedes W08 Hybrid akan menjadi jet darat andalan Mercedes untuk mengarungi gelaran F1 2017.

mercedes-luncurkan-mobil-baru-untuk-f1-2017

Mercedes yang merupakan tim juara bertahan F1 2016 memperkenalkan mobil mereka di Sirkuit Silverstone, Inggris, Kamis (23/2) siang waktu setempat. Satu hari sebelumnya, Mercedes juga telah merilis beberapa cuplikan gambar mobil baru mereka, seperti bagian hidung depan mobil.

Dari tampilan aerodinamika, Mercedes W08 Hybrid terlihat berbeda dengan mobil-mobil baru tim lain dimana W08 tidak memiliki sirip hiu dan bagian hidung yang terlihat menonjol. Desain baru mobil Mercedes ini memang disesuaikan dengan regulasi baru yang diterapkan di F1.

Dengan regulasi baru, bos tim Mercedes, Toto Wolff mengakui meski timnya tidak mengalami hambatan berarti, mereka tetap harus bekerja ekstra keras dalam mempersiapkan mobil agar dapat memenuhi target tinggi mereka.

“Tidak ada drama, itu penting. Tetapi ketika kami berusaha mendorong performa maksimal, kami benar-benar berusaha sangat keras,” jelas Wolff.

“Akhir-akhir ini kami mengalami kesulitan. Di pabrik, para staf dan personel benar-benar bekerja keras membangun mobil dan mesin sesuai dengan target performa yang telah kami tetapkan sendiri. Tidak hanya mengejar reliabilitas tetapi juga menyelesaikan mobil secara keseluruhan,” imbuhnya.

Mercedes sebenarnya sedang menghadapi situasi cukup sulit jelang bergulirnya musim baru F1 2017. Menjelang musim dimulai, salah satu figur kunci tim Mercedes, yakni Paddy Lowe memilih meninggalkan tim yang bermarkas di Brackley, Inggris tersebut.

Lowe merupakan sosok penting dibalik garasi Mercedes yang menjabat sebagai kepala teknis Mercedes sejak tahun 2013. Setelah meninggalkan Mercedes, Lowe akan bergabung dengan tim Williams dan memegang posisi paling senior di divisi teknis tim yang berbasis di Grove itu.

Perpindahan Lowe dari Mercedes ke Williams dipercaya sebagai salah satu “skenario” negoisasi pembalap Williams di musim 2016 lalu, Valteri Bottas. Seperti diketahui, Bottas merupakan kandidat kuat untuk menggantikan Nico Rosberg yang memutuskan pensiun usai meraih titel juara dunia musim lalu. Dan akhirnya, Bottas-lah yang benar-benar menggantikan posisi Rosberg di Mercedes.

Bergabungnya Bottas ke Mercedes membuat pembalap asal Finlandia itu menjadi rekan setim baru bagi Lewis Hamilton dan akan menjadi jagoan Mercedes pada F1 2017. Kemudian sebagai pengganti Paddy Lowe, Mercedes juga sudah resmi merekrut mantan kepala teknis Ferrari, James Allison.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *