Liberty Media Resmi Akuisisi F1

Liberty Media mengonfirmasi bahwa mereka telah merampungkan proses akuisisi Formula 1 (F1). Dengan selesainya proses akuisisi F1 oleh Liberty Media, maka konsorsium asal Amerika Serikat itu akan mengambil alih hak komersial atas ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1.

liberty-media-resmi-akuisisi-f1

Beberapa waktu lalu, kabar semakin dekatnya Liberty Media ke F1 memang semakin santer diberitakan. Dan pada akhir pekan ini, pihak F1 dan Liberty Media telah mengumumkan proses pengambil alihan tersebut.

Kabar akuisis F1 oleh Liberty Media juga menandai berakhirnya 40 tahun masa kepemimpinan Bernie Ecclestone sebagai kepala manajemen F1. Dari pernyataan resmi yang dirilis oleh Liberty Media, Ecclestone yang kini berusia 86 tahun akan mendapatkan peran baru di perusahaan Emeritus.

“Saya bangga dengan bisnis yang saya bangun selama 40 tahun dan prestasi yang saya raih bersama Formula 1. Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada semua para promotor, tim, sponsor, dan stasiun televesi yang telah bekerja sama dengan saya,” ujar Ecclestone.

“Saya senang bisnis ini telah diakuisisi oleh Liberty, dan investasi mereka yang akan membangun masa depan F1. Saya yakin, Chase [Carey] akan menggunakan peran barunya demi membawa olahraga ini ke masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Greg Maffei sebagai CEO Liberty Media Corporation menyatakan bahwa ia sangat senang dengan hasil akusisi ini.

“Kami senang dapat menyelesaikan proses akuisisi F1, dan Chase akan memimpin bisnis ini sebagai CEO,” ucap Maffei.

“Kesempatan untuk mengembangkan olahraga ini benar-benar terbuka lebar, dan kami yakin dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Chase, ia akan menjadi orang yang tepat untuk meraih prestasi itu,” lanjutnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ecclestone, yang akan menjadi Chairman Emeritus, atas kesuksesannya membangun olahraga global yang luar biasa ini,” ucap Maffei.

“Saya senang saat saya mendengar ide-ide dan harapan dari para fans, tim, FIA, promotor, dan sponsor yang diberikan untuk olahraga ini. Kami akan bekerja dengan mitra-mitra kami untuk meningkatkan sensasi balapan dan menambahkan dimensi-dimensi baru terhadap olahraga ini. Kami sudah tidak sabar untuk dapat memperlihatkan rencana-rencana baru itu di masa mendatang.”

“Saya ingin menghargai dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Bernie yang telah memimpin olahraga ini berdekade-dekade lamanya. Olahraga ini dapat berada di tempat saat ini juga karena berkat usaha dari dirinya dan tim-tim eksekutif berbakat yang ia telah pimpin. Ia akan selalu menjadi bagian dari keluarga F1,” tutup Maffei.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *