Kualifikasi F1 Australia: Hamilton Raih Pole Position, Vettel Start Ke-2

Lewis Hamilton tampil sebagai pembalap tercepat dalam sesi kualifikasi Formula 1 (F1) GP Australia, Sabtu (25/3). Pembalap tim Mercedes itu berhak start posisi terdepan pada balapan perdana F1 musim 2017 di Sirkuit Melbourne Park, Miggu (26/3) esok.

kualifikasi-f1-australia-hamilton-raih-pole-position-vettel-start-ke-2

Tampilnya Hamilton sebagai pembalap tercepat pada sesi kualifikasi hari Sabtu memang tidak mengejutkan. Hal ini karne memang dia adalah unggulan. Namun, banyak hal-hal menarik yang tersaji pada sesi kualifikasi hari ini.

Pada sesi kualifikasi, beberapa tim masih terlihat meraba kekuatan terbaik mobilnya. Sehingga banyak tim yang belum mampu memberikan hasil terbaik pada sesi kualifikasi.

Meski begitu, pembalap-pembalap yang mampu mendominasi ternyata masih mereka yang memang menjadi unggulan. Lewis Hamilton yang mencatat waktu tercepat di FP1 dan FP2 berhasil memastikan pole position untuk race setelah menjadi yang tercepat di kualifikasi. Pembalap Mercedes itu berhasil membuat waktu tercepat 1 menit 22,188 detik.

Seiring pensiunnya Nico Rosberg usai meraih gelar juara duia F1 2016 tahun lalu, Hamilton bisa dibilang kini menjadi unggulan pertama untuk bisa meraih titel juara duia F1 musim 2017. Bersama Sebastian Vettel (Ferrari), pembalap asal Inggris itu dijagokan akan bersaing ketat dalam perburuan gelar juara dunia pembalap.

Menariknya, seakan tak mau kalah dari Hamilton, pada sesi kualifikasi hari Sabtu, Vettel berhasil memperlihatkan aksi memikat di sini. Sudah merasakan feel terbaik mobil baru Ferrari, Vettel akan start di posisi kedua pada GP perdana nanti. Dia membukukan waktu 1 menit 22,456 detik. Sebuah hasil yang cukup baik setelah menjadi yang tercepat di FP3 sebelumnya.

Sementara itu, pembalap anyar Mercedes, Valtteri Bottas mampu menempati posisi ke-3. Pembalap pengganti Rosberg itu membuktikan bahwa masih bisa bersaing dan memperlihatkan aksi yang menawan. Dengan waktu 1 menit 22,481 detik, Bottas memperlihatkan debut yang cukup memesona bersama Mercedes.

Masalah justru datang kepada Red Bull Racing. Daniel Ricciardo harus terpelintir di Q3 dan menerima fakta dia akan start di urutan ke-10. Sementara Max Verstappen harus puas start dari posisi ke-5.

Berikut adalah hasil Q3 F1 GP Australia, Sabtu (25/3):

hasil-kualifikasi-f1-gp-australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *