Kena Penalti, Podium ke-3 Sebastian Vettel Dicopot

Kenyataan pahit harus diterima oleh Sebastian Vettel. Gara-gara melakukan pelanggaran, podium ke-3 yang ia dapat di GP Meksiko akhir pekan kemarin secara resmi dicopot oleh otoritas penyelenggara F1 pada Senin (31/10).

kena-penalti-podium-ke-3-sebastian-vettel-dicopot

Oleh pengawas balapan, Sebastian Vettel dianggap melakukan manuver berbahaya saat bertarung dengan Daniel Ricciardo di lintasan. Ketika Vettel akan disusul oleh Ricciardo, pembalap tim Ferrari itu mengubah arah di zona pengereman dan hal tersebut ia lakukan demi mempertahankan posisi tiga. Namun sayangnya, aksi yang dilakukan oleh Vettel tersebut dinilai terlalu berbahaya. Race Director GP Meksiko akhirnya menjatuhkan penalti kepada Vettel, yakni pemotongan catatan waktu sebanyak 10 detik.

Akibat hukukan penalti 10 detik, maka Vettel pun turun ke posisi ke lima. Padahal saat balapan selesai, ia mampu finis di urutan tiga di belakang duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Podium 3 GP Meksiko pun jatuh kepada Ricciardo. Sedangkan Max Verstappen naik ke posisi keempat.

“Sesuai dengan pasal 27.5 dalam catatan Race Director, pada dasarnya ada tiga pelanggaran yakni mengemudikan mobil dengan potensi membahayakan pembalap lain, perubahan arah secara tidak normal dan memaksa pembalap lain untuk mengambil tindakan mengelak. Dalam video rekaman jelas memberi bukti dan dengan demikian, semua kategori pelanggaran termasuk di dalamnya. Dia dinyatakan bersalah karena melanggar pasal ini,” jelas pernyataan Race Director, seperti dikutip dari laman resmi F1.

Dengan hukuman yang harus diterimanya, pastinya Vettel sangat merugi. Tak hanya kehilangan podium, perolehan poin Vettel pun juga harus berkurang. Pembalap Scuderia Ferrari asal Jerman itu kini menempati perinkat ke-4 dengan 187 poin. Vettel tertinggal dari peringkat pertama yang masih ditempati oleh Nico Rosberg (349 poin), Hamilton di peringkat 2 (330 poin), serta DanielĀ  Ricciardo di peringkat tiga dengan koleksi 242 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *