Jelang F1 Brasil: Rosberg Kunci Juara Dunia Jika Menang di Brasil

Juara dunia F1 2016 akan muncul di GP Brasil, jika Nico Rosberg mampu memenangi balapan di Sirkuit Interlagos, Minggu (13/11). Pembalap tim Mercedes itu akan mengunci titel juara dunia pertama sepanjang karirnya apabila ia bisa menjadi yang tercepat di GP Brasil. Rosberg semakin diuntungkan jika melihat catatan rekornya yang selalu menang di Brasil dalam dua musim terakhir.

jelang-f1-brasil-rosberg-kunci-juara-dunia-jika-menang-di-brasil

Hingga menjelang GP Brasil pekan depan, Nico Rosberg masih memimpin klasemen sementara pembalap F1 dengan koleksi 349 poin, unggul 19 poin dari peringkat kedua Lewis Hamilton yang memiliki 330 poin. Secara matematis, jika Rosberg memenangkan race ke-20 di Interlagos (Brasil) maka jumlah poin pembalap 31 tahun itu tidak akan tersentuh.

Sekalipun menggunakan asumsi Hamilton memenangkan race terakhir di Yas Marina, Abu Dhabi, di saat bersamaan Rosberg absen, tetap saja jumlah poin Rosberg tidak akan terkejar. Sekalipun menggunakan asumsi Hamilton memenangkan race terakhir di Yas Marina, Abu Dhabi, di saat bersamaan Rosberg absen, tetap saja jumlah poin Rosberg tidak akan terkejar.

Dengan hitungan matematis di atas tadi, Rosberg memang wajib tampil sempurna di Interlagos, Brasil. Apalagi, rekor sang pesaing terdekat sekaligus rekan setim Rosberg, yakni Lewis Hamilton, di lintasan balap yang memiliki nama lengkap Jose Carlos Pace di Autodrom tersebut tidaklah terlalu bagus.

Sedikit flashback ke musim 2014, Rosberg berhasil memenangkan GP Brasil untuk kali pertama dalam karier, usai mengasapi Hamilton. Setahun setelahnya, tepatnya di musim 2015 Rosberg kembali memaksa rekan satu timnya tersebut menjadi runner-up di Brasil.

Selain bisa mengunci gelar juara dunia 2016 di Brasil, Rosberg juga bisa menambah rekor pribadi dengan mencatatkan hattrick kemenangan di Interlagos. Strategi ban menjadi salah satu elemen terpenting yang disorot dari dua pembalap Mercedes musim ini. Betapa tidak, dua driver yang kerap terlibat perseteruan tersebut memilih jenis ban yang sama jika dibandingkan pembalap lain. So, mampukah Nico Rosberg merengkuh titel juara dunia untuk pertamakalinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *