FIA Beri Lampu Hijau pada Liberty Media untuk Ambil Alih F1

Rencana konsorsium Liberty Media untuk mengambil alih balap mobil paling bergengsi F1 nampaknya akan menjadi nyata. Baru-baru ini, otoritas tertinggi F1, FIA dan World Motor Sport Council telah melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss perigal pengambil alihan F1 oleh konsorsium asal Amerika Serikat tersebut.

fia-beri-lampu-hijau-pada-liberty-media-untuk-ambil-alih-f1

Kabar mengenai kinginan Liberty Media untuk mengambi alih hak komersial F1 memang sudah terdengar sejak akhir tahun lalu. Balapan F1 sendiri memang membutuhkan perubahan setelah pamornya menurun sejak beberapa tahun terakhir. Dan Liberty Media dipercayai sebagai pihak yang cocok untuk bisa mengembalikan kejayaan F1, baik secara olahraga maupun hiburan.

Seperti dilaporkan oleh Crash.net, perwakilan dari Liberty Media telah melakukan presentasi secara intensif ke FIA mengenai rencana mereka. FIA sendiri dikabarkan juga sudah memberikan lampu hijau mengenai keinginan Liberty Media untuk mengambil alih hak komersil F1.

“Liberty Media, Formula One Group dan FIA telah secara intensif melakukan kolaborasi dalam membangun rencana untuk bisa kembali menyukseskan balapan F1. Selain itu, kami juga sepakat untuk mengembangkan F1 secara lebih jauh lagi, untuk masa mendatang,” tulis FIA melalui keterangan resmi di laman websitenya.

“World Motor Sport Council dan FIA percaya bahwa Liberty memiliki kemampuan untuk membangun olahraga dan hiburan, dan kami akan tetap menjaga nilai-nilai yang sudah tertanam selama bertahun-tahun di F1.”

Dengan pengambilalihan hak komersil F1 oleh Liberty Media, FIA berharap bahwa balapan F1 akan kembali semarak dan mampu diterima secara global. Kondisi F1 sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang kurang semarak. Menurunnya jumlah penonton tiap seri menjadi indikasi bahwa balap jet darat itu mulai ditinggalkan penggemarnya.

John Malone selaku pemilik Liberty Media mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki rencana ke depan untuk kembali bisa menyemarakkan F1.

“Kami dan FIA akan terus berupaya untuk semakin mengembangkan balapan ini. Semua pihak terkait juga akan bekerja-keras demi kemajuan F1 secara global,” tegas Malone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *