Duh, Mantan Tim Rio Haryanto di F1 Dinyatakan Bangkrut

Kabar buruk menimpa jagad F1. Tim F1 yang musim lalu dibela oleh Rio Haryanto, Manor Racing Team (MRT), dinyatakan bangkrut pada Jumat, (6/1). Kebangkrutan tim Manor tidak bisa dielakkan lagi setelah tim balap yang berbasis di Inggris tersebut gagal memperoleh investor baru.

duh-mantan-tim-rio-haryanto-di-f1-dinyatakan-bangkrut

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, seluruh staf dan manajemen tim Manor Racing dikumpulkan di sebuah pabrik di kawasan Banburry, Inggris. Mereka diberi tahu jika Manor gagal memperoleh investor baru yang bisa menyelamatkan tim.

FRP Advisory, firma bisnis yang jadi administrator setelah sang pemilik Stephen Fitzpatrick tidak bisa mencari investor baru, mengatakan belum ada pemecatan terhadap 212 staf dan gaji mereka sudah dibayar hingga Desember lalu. Tapi sayangnya, solusi penyelamatan tim hampir mustahil dilakukan mengingat seri pembuka Formula 1 2017 sebentar lagi bergulir yakni pada 26 Maret mendatang.

“Tim sudah buat kemajuan pesat di bawah kepemilikan baru sejak awal 2015, dengan hasil terbaik bisa meraih satu poin di kejuaraan konstruktor musim balap sebelumnya, tapi posisi untuk tetap menjalankan tim F1 butuh investasi berkelanjutan yang signifikan,” terang Geoff Rowley dari FRP Advisory.

“Selama beberapa bulan terakhir, anggota senior manajemen tim telah bekerja tanpa kenal lelah untuk membawa investasi baru ke tim guna mengamankan masa depannya. Tapi sayangnya, mereka tidak berhasil melakukannya dalam waktu yang tersedia,” tegasnya.

Dengan putusan bangkrut yang diterima Manor, maka tim yang musim lalu dibela oleha Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein tersebut hanya berkiprah di balapan jet darat F1 satu musim saja.

Manor Racing sendiri memang bukan tim balap besar di F1. Bahkan, Rio diputus kontraknya di tengah musim lantaran tidak bisa melunasi biaya kursi balapnya di F1, sehingga digantikan Esteban Ocon. Manor pun mengikuti jejak beberapa tim balap F1 seperti tim Arrows dan tim Jordan yang dinyatakan bangkrut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *