Alonso: Masalah McLaren Adalah Aerodinamika, Bukan Mesin

Fernando Alonso mengklaim mobil baru McLaren yang akan digunakan untuk F1 musim 2017 belumlah mendekati kata sempurna. Alonso merasa bahwa tim mekanik McLaren masih memiliki pekerjaan rumah terkait aerodinamika mobil.

alonso-masalah-mclaren-adalah-aerodinamika-bukan-mesinMeskipun belum puas dengan performa mobilnya, namun Alonso percaya bahwa McLaren akan mampu tampil sesuai harapan di balapan Formula 1 tahun ini. Driver asal Spanyol itu menambahkan bahwa McLaren harus bekerja keras untuk menyempurnakan aerodinamika mobil agar mampu tampil baik musim ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, performa McLaren memang tidak maksimal. Kendala mereka dalam beberapa tahun terakhir adalah penampilan unit mesin yang disuplai oleh Honda.

Meski kerap mengalami kedala soal mesin, namun Alonso justru berpendapat masalah utama McLaren adalah aerodinamika, bukannya mesin. Alonso juga berpendapat bahwa pertanyaan terbesar bagi McLaren adalah bagaimana mereka dapat menguasai aerodinamika mobil F1 generasi baru, bukan hanya tenaga mesin.

“Kita tahu Mercedes memiliki tenaga paling besar, sulit untuk disamai, tidak hanya untuk kami tetapi juga untuk tim lain,” ujar Alonso, seperti dilansir laman Motorsport.

“Tapi saya pikir kami akan cukup dekat dan dapat bertarung dengan mereka. Saya percaya 100 persen mesin kami akan tampil seperti yang diharapkan. Pertanyaan besar justru ada di aerodinamika mobil kami,” tegasnya.

Setelah tiga musim F1 yang relatif stabil dari perubahan regulasi, musim 2017 mendatang akan memperkenalkan evolusi aerodinamika dan ban yang berpeluang mengubah peta persaingan tim.

Terkait hal tersebut, Alonso berkata akan ada beberapa tim yang menguasai peraturan atau desain baru lebih cepat dibandingkan tim lain.

“Ketika ada peraturan baru, kita bisa beruntung atau sial,” ungkap pembalap McLaren itu.

“Semuanya tergantung bagaimana tim menginterpretasikan peraturan baru, dan seberapa cepat mereka dapat memahami filosofi mobil baru. Mudah-mudahan kami menjadi salah satu tim yang bisa bekerja dengan benar dari awal,” imbuh Alonso.

Terkait persaingan di musim baru, Alonso mengatakan bahwa peluang tim di musim 2017 masih sangat terbuka. Ia mengaku kini sangat termotivasi untuk bisa tampil baik di tahun ini.

“Tahun lalu, motivasi kami hanya ingin cepat-cepat tiba di hari Senin usai GP Abu Dhabi dan melupakan 2015,” ujar Alonso.

“Tetapi tahun ini berbeda, kami sangat termotivasi karena ada harapan dan ekspestasi yang besar. Perubahan regulasi akan membuka persaingan tim sedikit. Dan dengan progres yang didapat oleh Honda tahun 2016, kami sangat percaya diri dan positif menjelang musim mendatang. Saya sangat menantikan balapan Australia bulan Maret ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *