Stage 1 Reli Dakar 2017 Mulai Memakan Korban

Reli terganas di dunia, Reli Dakar 2017, mulai memakan korban di putaran pertama. Sama seperti tahun lalu, gelaran Reli Dakar 2017 mengambil lokasi di kawasan Amerika Selatan. Tahapan pertama (Stage 1) digelar pada Senin (2/1) waktu setempat, atau Selasa (3/1) WIB. Unggulan pertama Reli Dakar 2017 Nasser Al-Attiyah asal Qatar menjadi yang tercepat pada tahapan pembuka.

stage-1-reli-dakar-2017-mulai-memakan-korban

Reli Dakar 2017 sendiri resmi dibuka dengan rute awal dari ibu kota Paraguay, Asuncion, menuju Restincia di Argentina. Total jarak yang harus ditempuh oleh para pereli pada Stage 1 adalah 454 km.

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, Al-Attiyah menjadi pereli kategori mobil tercepat pada Stage 1 dengan catatan waktu 25 menit 41 detik. Namun kemenangan dua kali juara Reli Dakar itu tak diraih secara mudah. Al-Attiyah yang mengendarai Toyota Hilux mengalami masalah ketika sedang berada di posisi terdepan. Mantan pembalap WRC itu bahkan harus menggunakan alat pemadam api ringan (fire extinguisher) untuk memadamkan api di mobilnya.

Sementara itu, Xavier ‘Xevi’ Pons berhasil menempati posisi kedua di belakang Al-Attiyah. Pons yang mengendarai Ford Ranger terpaut 24 detik dari Al-Attiyah. Kemudian, mantan juara dunia Reli Dakar kategori motor, Juan ‘Nani’ Roma dengan Toyota-nya mampu menempati posisi ke-3.

Pada urutan finis berikutnya, Carlos Sainz yang memimpin rombongan Peugeot berhasil menempati posisi ke-4. Sainz sukses meninggalkan Giniel de Villiers dan Sebastian Loeb yang berada di posisi keenam. Lalu duo pereli Prancis – Cyril Despres dan Stephane Peterhansel – berada di posisi ke-8 dan ke-12. Yazeed Al-Rajhi menjadi yang tercepat ketujuh dengan mengemudikan X-Raid Mini. Dia lebih lambat 1 menit 6 detik dari Al-Attiyah, dan lebih cepat 14 detik di depan rekan setimnya Mikko Hirvonen, yang berada di posisi kesembilan.

Sementara itu dalam kategori motor Reli Dakar 2017, Xavier de Soultrait membawa Yamaha menjadi yang terbaik. Pereli Prancis itu mengalahkan Juan Pedrero dengan hanya selisih dua detik. Namun, De Soultrait harus turun sembilan posisi setelah dikenai penalti karena melewati batas kecepatan. Posisinya pun diambil alih Pedrero.

Di urutan finis kategori motor selanjutnya ada trio Honda – Ricky Brabec, Michael Metge dan Paulo Goncalves – melengkapi posisi empat besar, sementara Sam Sunderland (KTM) ada di posisi kelima. Kemudian Joan Barreda (Honda), Mathias Waklner (KTM), serta duo privateer Himoinsa KTM privateer – Gerrard Farres Guell dan Ivan Cervantes – melengkapi posisi 10 besar.

Penampilan sedikit mengecewakan justru terjadi pada juara Reli Dakar 2017, Toby Price. Price hanya mampu menempati posisi ke-17 pada Stage 1. Sedangkan runner-up musim lalu, Stefan Svitko, berada di posisi ke-14. Perlu diketahui pula, terjadi dua kecelakaan serius pada kategori motor selama tahapan 1 Dakar 2017. Jakub Piatek dilaporkan mengalami cedera retak pergelangan tangan dan Marco Filippi cedera patah lengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *