Reli Dakar 2017: Peterhansel Rebut Gelar Ke-13

Stephane Peterhansel masih mampu tampil prima di usia mendekati 51 tahun. Terbaru, pereli senior asal Perancis itu memenangi Reli Dakar 2017 untuk kategori mobil.

reli-dakar-2017-peterhansel-rebut-gelar-ke-13

Seperti dilansir laman Motorsport, Peterhansel sukses menjadi juara Reli Dakar 2017 kategori mobil setelah mampu memimimpin klasemen hingga etape terakhir, Sabtu (14/1). Peterhansel mengunci gelar juara reli terganas di dunia itu setelah mengalahkan rekan satu timnya di Peugeot, Sebastien Loeb, pada etape terakhir (etape 12).

Gelar juara kategori mobil Reli Dakar 2017 merupakan gelar ke-13 sepanjang karier Peterhansel di gelaran Reli Dakar. Dari total 13 gelar juara tersebut, enam titel juara ia peroleh pada kategori motor.

Peterhansel sebenarnya sudah diambang gelar juara dunia usai memenangi etape 10, tepatnya ketika pihak penyelenggara mengembalikan waktu kepada sang pembalap menyusul insiden pembalap motor, Simon Marcic.

Loeb lalu berhasil memenangi etape 11. Bahkan, Peterhansel juga bisa finis di urutan pertama pada etape 12 yang merupakan etape terakhir. Etape 12 sendiri merupakan salah satu etape paling menantang yang menempuh rute dari San Cuarto ke Buenos Aires, dengan Special Stage (SS) sepanjang 64 km. Mengantongi kemenangan di etape 11 ternyata tak membuat Loeb mampu memangkas jarak waktunya dengan Peterhansel di klasemen.

Dengan hasil etape 12, maka Peterhansel berhasil  memenangi gelar Reli Dakar 2017 dengan keunggulan waktu 5 menit 13 detik di atas Loeb. Sementara rekan Peterhansel lainnya di tim Peugeot, Cyril Despres, menempati posisi ketiga dengan catatan waktu terpaut 33 menit dari Peterhansel.

Sedangkan Juan ‘Nani’ Roma berhasil menjadi pembalap terbaik Toyota dengan mampu menempati posisi ke-4 di papan klasemen akhir. Di belakang Roma ditempati oleh Giniel de Villiers dan Orlando Terranova (X-Raid Mini), lalu Kuba Przygonski (Mini), Romain Dumas (Peugeot), Conrad Rautenbach (Toyota) dan Mohammed Abu-Issa (Mini).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *