FIM MotoE World Cup, Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik

MotoGP secara resmi meluncurkan kejuaraan dunia balap motor listrik yang akan diberi nama FIM MotoE World Cup. Kejuaraan MotoE akan melakukan debut pada tahun 2019 mendatang.

Foto: Roadracing
Foto: Roadracing

Promotor MotoGP, Dorna Sports, memperkenalkan MotoE dalam event peluncuran yang digelar di Roma, Italia pada Selasa (6/2). Perusahaan yang bergerak di bidang energy, Enel diumumkan sebagai sponsor utama MotoE. Kemudian sebagai pemasok motor dipilih Energica Ego.

Dalam event tersebut, tujuh tim satelit di kelas MotoGP mengkonfirmasi keikutsertaannya. Ketujuh tim tersebut adalah Tech 3, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto dan Gresini. Mereka akan menurunkan masing-masing dua motor. Sedangkan empat tim lain akan diambil dari tim-tim yang berlaga di kelas Moto2 dan Moto3, yang akan menurunkan satu motor.

Dorna juga menjelaskan bahwa balapan MotoE akan terdiri dari 18 grid motor yang meliputi 11 tim di paddock grand prix.

“Dorna bersama FIM sangat senang bisa melangkah maju ke dunia mobilitas listrik, sebuah opsi yang kami anggap sebagai jalan parallel untuk masa depan,” jelas CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, seperti dikutip dari laman Motorsport.

Meski merupakan event baru, Dorna optimis bahwa MotoE bisa diterima oleh penggemar balap di dunia.

“Hari ini kami sangat antusias mengumumkan kemitraan dengan Enel sebagai sponsor utama untuk FIM MotoE World Cup, dan juga sebagai Sustainable Power dari MotoGP. Kami puas dengan komitmen dan nilai-nilai Enel, karena mereka dengan sempura menyoroti prinsip-prinsip yang diluncurkan FIM Enel MotoE World Cup,” lanjut Ezpelata.

“Anda bisa memastikan bahwa bersama-sama kita bisa membuat kesuksesan MotoE World Cup yang gemilang,” tandasnya.

Jadwal MotoE sendiri saat ini belum dikonfirmasi. Namun diperkirakan, lima seri MotoE akan digelar di kawasan Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *