Ada Aturan Baru, WSBK 2017 Dijamin Semakin Seru

Bukan hanya MotoGP saja yang terus berbenah, Kejuaran Dunia Superbike (WSBK) pun juga terus melakukan inovasi jelang bergulirnya musim baru. Inovasi terkini yang dilakukan oleh Dorna Sports sebagai pengelola hak komersial WSBK adalah diterapkannya beberapa aturan baru mulai musim 2017 mendatang.

ada-aturan-baru-wsbk-2017-dijamin-semakin-seru

Seperti dilansir oleh laman Motorsport, Dorna Sports ingin Superbike 2017 menjadi lebih seru dan menarik. Salah satu perubahan agar ajang balap motor produski masal semakin seru adalah diterapkannya aturan baru terkait penentuan grid start pada Race 2.

Seperti diketahui, dua balapan dari setiap seri Superbike dijalani berdasarkan grid start yang sama, dimana posisi start terdepan para pembalap saat lomba ditentukan oleh hasil kualifikasi.

Namun berdasarkan aturan baru, sembilan pembalap teratas dari sesi Superpole masih mengisi tiga baris pertama untuk Race 1. Tapi untuk posisi grid start Race 2, akan dimodifikasi oleh seperangkat aturan baru.

Pembalap yang finis di podium akan dibalik dan dikocok kembali ke baris ketiga. Hasilnya, pemenang pada Race 1 akan start dari posisi kesembilan, di belakang pembalap yang finis ketiga dan kedua.

Kemudian pembalap yang finis keempat sampai kesembilan akan naik tiga posisi grid start. Dengan kata lain, pembalap yang finis keempat akan start dari pole position, dan diikuti oleh pembalap yang finis kelima (start kedua), keenam (start ketiga), ketujuh (start keempat) dan seterusnya.

Regulasi baru lainnya adalah perubahan jadwal akhir pekan dari setiap seri Superbike. Dalam sistem yang sekarang ini, Superpole dan Race 1 digelar pada Sabtu dan Race 2 pada Minggu. Kendati demikian, belum diklarifikasi lebih detail bagaimana jadwal ini akan berubah.

Selain aturan mengenai penentuan grid start pada Race 2, ada pula regulasi baru tentang larangan mengendarai skuter selama sosialisasi trek dan mencegah pembalap bergerombol di belakang grid sebelum balapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *